Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah ukuran pintu dan jendela

Standar ukuran Pintu dan jendela dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah, mengingat fungsi pintu dan jendela yang sangat penting keberadaanya maka perlu dibuat dengan ukuran yang senyaman dan seindah mungkin.

Contoh gambar Detail pintu

gambar-detail-pintu

Berikut ini berbagai macam ukuran pintu dan jendela rumah atau bangunan yang sering digunakan di indonesia.

 

Pintu Utama
Pintu utama dalam sebuah rumah tinggal adalah akses utama penghuni rumah dan prasarana seperti sepeda motor, furniture, peralatan rumah tangga dll, oleh karena itu ukuran pintu utama perlu disesuaikan agar pas untuk dilewati berbagai macam aktifitas, pintu rumah dapat menggunakan pintu single, pintu gendong yang menyambung dengan jendela, atau pintu double dengan bukaan ke samping kanan kiri, ukuran pintu rumah dapat menggunakan ukuran lebar 70 cm- 100 cm dengan ketinggian pintu minimal 210 cm.

 

Pintu kamar
Pintu kamar baik itu kamar tidur, kamar belajar, ruang makan, ruang keluarga dapat menggunakan lebar 80 cm dengan ketinggian minimal 210 cm.

 

Pintu dapur
Pintu dapur sebagai akses lalu lintas penghuni rumah dalam aktifitas memasak dan mencuci peralatan dapur perlu disesuaikan ukuranya agar nyaman untuk digunakan seperti 80 cm x 210 cm.

 

Pintu kamar mandi / WC
Pintu kamar mandi tidak memerlukan ukuran yang terlalu besar karena hanya berfungsi sebagai aktifitas penghuni rumah dan beberapa peralatan kamar mandi yang ukuranya tidak terlalu besar, oleh karena itu lebar kamar mandi dapat dibuat dengan ukuran minimal 60 cm dengan ketinggian pintu 210 cm.

 

Jendela depan
Jendela merupakan lobang pada rumah yang mempunyai berbagai macam fungsi seperti akses udara agar rumah sehat dan nyaman untuk dihuni, selain itu dari segi arsitektur jendela juga berfungsi untuk memperindah nilai seni rumah, ukuran jendela relatif bebas menyesuaikan fungsi dan keinginan pemilik rumah.

 

Jendela boven
Jendela boven adalah jendela kecil yang biasanya diletakan di ruang kamar mandi atau dapur, yang menjadi alasan untuk memasang jendela boven biasanya perlunya ventilasi udara untuk sebuah ruangan namun tidak memungkinkan memakai jendela dengan ukuran besar karena dapat mengganggu privasi aktifitas didalam ruangan. jendela boven dapat dibuat dengan ukuran 30 cm x 30 cm , 40 cm x 60 cm dan ukuran lainya.

 

Jendela variasi
Bebagai jendela yang sebenarnya keberadaanya tidak diharuskan ada seperti jendela-jendela yang berfungsi sebagai pemanis tampilan rumah, jendela sebagai variasi design rumah, tentunya ukuran jendela pada jenis ini tidak mempunyai standar tertentu karena bentuk dan ukuranya menyesuaikan kebutuhan akan nilai keindahan sebuah rumah. Demikian beberapa contoh ukuran pintu dan jendela dalam sebuah rumah tinggal :-)

  1. Pintu Rumah Minimalis Makin Menarik Hati
  2. Jenis material pintu untuk rumah tinggal

3 Komentar

  • deni says:

    buat dong gambar lebih banyak

    [Reply]

  • Rusman Efendi says:

    Bung ukuran lebar rumah saya 620 cm berapa ukuran pintu dan jendela yg ideal saya akan memasang 4 jendela, dua di sisi pintu Utama

    [Reply]

  • agus saputra says:

    cara membuat potongan, gmn caranya friend…………………
    friend ukuran kamar mandi,pintu,jendela kaca,anak tangga dan lebar tangga, brapa sih?…………………

    [Reply]

Komentari

*
*