Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Tips Mendesain Ruangan Multifungsi

Rumah yang mungil bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan rumah yang sehat, indah, dan nyaman bagi para penghuninya. Aspek kesehatan, keindahan serta kenyamanan memang menjadi unsur penting yang harus diwujudkan pada rumah hunian. Hanya saja keterbatasan lahan menimbulkan tantangan tersendiri dalam menciptakan hal tersebut. Khususnya bagaimana menata ruangan – ruangan yang berukuran kecil namun tetap berfungsi optimal. Apalagi ketika jumlah penghuni rumah semakin bertambah seiring dengan kelahiran anak. Pastinya kebutuhan jumlah ruangan juga ikut bertambah pula. Anda tidak lagi sekedar membutuhkan kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, maupun dapur. Anda butuh ruang belajar, ruang bermain, atau ruang membaca. Bahkan kamar tidur juga perlu ditambah lagi.

 

Bagi rumah mungil, untuk mengakomodasi satu per satu ruangan tersebut tentu tidaklah mungkin. Oleh karena itu Anda bisa mensiasatinya dengan mendesain ruangan multifungsi. Dengan desain ruangan multifungsi, satu ruangan bisa memiliki lebih dari satu fungsi.

Denah-rumah

Mengolah ruangan yang multifungsi memang tidak sekedar bisa dijadikan banyak aktifitas. Namun harus didukung pula oleh kondisi ruangan serta keberadaan furnitur yang memadai. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya kondisi ruangan masih baik, elemen ruangannya masih memadai, memiliki bukaan yang cukup serta mampu mendukung mobilitas para penghuni rumah secara leluasa. Dalam hal ini desain furnitur harus disesuaikan dengan kondisi ruangan serta fungsinya.

 

Alternatif ruangan yang bisa digabung misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan, ruang dapur dengan ruang makan. Untuk membedakan masing – masing fungsi ruang, Anda bisa menggunakan partisi. Namun demikian sebisa mungkin Anda meminimaliasi penggunaan partisi serta menghindari partisi yang bersifat permanen. Anda bisa menggunakan partisi dari kaca atau lemari yang bisa digunakan bolak – balik. Selain itu, partisi bisa diganti dengan membedakan furnitur pada setiap ruangan ataupun membedakan warna antar ruangan. Untuk mengoptimalkan fungsi, sebaiknya Anda menggunakan furnitur yang multifungsi. Misalnya meja makan serta tempat tidur yang bagian kolongnya dilengkapi dengan laci penyimpanan. Atau bisa juga menggunakan sofa bed. Sofa ini jika dilipat akan menjadi kursi namun bila diluruskan akan menjadi tempat tidur. Untuk tempat penyimpanan, Anda bisa memanfaatkan bagian – bagian kosong di dalam rumah seperti di bawah wastafel atau di bawah tangga. Ruangan di bawah tangga bisa pula dipakai sebagai tempat kerja maupun dapur mini.

 

Perhatikan pula dalam pemilihan warna ruangan. Warna – wana cerah sangat disarankan untuk ruangan multifungsi. Selain itu, warna hijau, putih, atau merah juga bisa digunakan. Untuk menciptakan kesan yang luas pada ruangan, gunakan aksesoris ruangan yang simpel dan berukuran kecil. Hindari memajang terlalu banyak perabot karena akan membuat ruangan terasa semakin sempit.

  1. Download Desain Rumah, Cara Praktis Punya Rumah Berkualitas
  2. Desain Rumah Kayu: Rumah Ramah Lingkungan
  3. Tips Mendesain Ruang Tamu Berukuran Mungil
  4. Desain Rumah Elegan dengan Batu Alam
  5. Tips Desain Rumah Tipe 36
  6. Keuntungan Memakai Jasa Desain Rumah Online
  7. Tips Desain Interior Rumah Klasik
  8. Tips Desain Rumah Tahan Gempa
  9. Desain Rumah Minimalis yang Sehat
  10. Ciri ciri rumah sehat
  11. Cara Dapat Desain Rumah Gratis
  12. Desain tampak toko sesuai dengan barang yang dijual
  13. Download desain rumah gratis
  14. Biaya desain rumah per m2 bangunan
  15. Tips membangun design rumah minimalis
  16. Menghemat Ruang pada Denah Rumah Minimalis
  17. Desain Rumah Sudut (Hook)
  18. Gambar desain rumah tipe 36
  19. Tampak Rumah Minimalis

Komentari

*
*