Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Tips Mendesain Ruang Tamu Berukuran Mungil

Ruang tamu adalah salah satu ruangan penting di dalam rumah. Di sanalah Anda menerima kehadiran orang – orang istimewa yang berkunjung ke rumah Anda. Desain ruang tamu yang menarik tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi tamu Anda. Yang tidak kalah pentingnya, kenyamanan menjadi aspek penting yang harus Anda perhatikan. Sehingga siapapun akan betah ketika berkunjung ke rumah Anda.

 

Bila rumah Anda berukuran mungil, tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam mendesain ruang tamu yang sesuai dengan kriteria di atas. Namun Anda jangan pesimis dulu. Ruang tamu berukuran mungil juga bisa dibuat menarik dan memberikan kesan nyaman.

denah-rumah-2-lantai

Untuk ruang tamu yang berukuran mungil, Anda harus menggunakan furnitur yang berukuran kecil. Pilihlah furnitur yang berbentuk simpel dan mengikuti bentuk geometris bangunan semisal sofa, kursi, meja, dan lemari yang berbentuk segi empat tanpa motif (polos). Hindari memajang banyak furnitur karena akan menambah kesan semakin sempit. Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan satu meja kecil, dua sofa dengan satu dudukan, dan satu sofa dengan dua dudukan. Pilihlah sofa dengan warna – warna yang terang. Agar ruangan terkesan lapang, letak furnitur bisa bersandar pada dinding. Bila masih ada sudut ruangan yang tersisa, Anda bisa menempatkan meja sudut di sana. Pastikan peletakkan furnitur tadi tidak mengganggu mobilitas penghuninya serta tidak menghambat gerakan pintu saat dibuka maupun ditutup.

 

Perhatikan pula pemilihan warnanya. Agar ruang tamu mungil Anda terasa lapang, Anda bisa menggunakan warna – warna yang cerah. Untuk menimbulkan kesan hangat, akrab, dan ceria, Anda bisa menggunakan gradasi warna kuning, merah, serta oranye. Gradasi warna biru, ungu, dan hijau akan memberikan kesan sejuk, kedamaian, penuh kedekatan, dan romantis. Padukan warna dinding dan lantai Anda dengan aksesoris ruangan semisal gordein, lampu, maupun furnitur lainnya atau bisa juga menggunakan warna – warna yang netral. Hindari pemilihan warna yang gelap karena akan membuat ruang tamu Anda terasa semakin sempit. Penambahan cermin besar pada ruang tamu yang mungil bisa membantu memberikan kesan luas pada ruangan.

 

Untuk mensiasatinya, Anda bisa membuat ruang tamu yang multifungsi. Salah satunya dengan memaksimalkan keberadaan foyer. Foyer bisa difungsikan sebagai ruang tamu dengan syarat dibuat sebagai satu kesatuan dengan ruangan lain di dalam rumah. Atau menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga maupun dapur.

 

Perhatikan pula aspek pencahayaan. Tata lampu yang cermat akan menghadirkan kesan artistik khususnya pada malam hari. Anda bisa membuat efek cahaya merata pada seluruh ruangan atau hanya memfokuskan pada furnitur tertentu. Efek cahaya yang merata bisa digunakan ketika Anda sedang menerima tamu sedangkan efek cahaya yang fokus digunakan ketika ruang tamu dalam keadaan tidak digunakan.

  1. Model Desain Interior Rumah Minimalis
  2. Tips Desain Rumah dengan Anggaran yang Terbatas
  3. Tips Desain Rumah Murah
  4. Cerdas Memilih Jasa Arsitek
  5. Tips Desain Rumah Tinggal yang Sejuk Alami
  6. Desain Rumah Berbasis Customized Home Building
  7. Beberapa Tips Design Rumah
  8. Arti skala 1 : 100 pada gambar desain bangunan
  9. desain rumah type 21 menjadi 2 lantai
  10. Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien
  11. Menghadirkan Nuansa Villa ke Rumah Anda
  12. Cara Efektif Untuk Menentukan Budget Desain Rumah
  13. Perbandingan arah hadap rumah timur selatan barat utara
  14. memilih rumah yang baik
  15. konsultan desain interior rumah
  16. Desain Rumah Kayu: Rumah Ramah Lingkungan
  17. Download Desain Rumah Hemat Energy
  18. Desain Rumah Berkonsep Eco-Green
  19. Jasa Bangun rumah

Komentari

*
*