Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Tips Membuat Denah Rumah Hemat Energi

Denah rumah sangat penting untuk proses pembangunan rumah ataupun renovasi rumah. Oleh karena itu, jika anda berencana membangun rumah ataupun meenovasi rumah anda, anda harus terlebih dahulu membuat denah rumah sehingga anda bisa mendapatkan rumah seperti yang anda harapkan. Selain itu, dengan denah rumah, anda bisa meminimalisir kesalahan yang mugkin terjadi. Juga, anda bisa mengestimasi biaya yang perlu anda keluarkan. lalu bagaimana tips cara membuat denah rumah hemat energi?

Jika anda ingin mebangun rumah anda, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat denahnya. Hal ini akan lebih mudah karena anda mememulainya dari awal. Sebaliknya, jika anda mau merenovasi rumah, anda terlebih dahulu harus mengetahui denah rumah anda dan mengaturnya sesuai keinginan anda. Apapun bentuk rumah yang anda inginkan, yakinkan bahwa rumah anda cukup mendapatkan cahaya matahari. Untuk itu, coba anda perhatikan tips dibawah ini.

 

Perhatikan posisi rumah

Posisi rumah bisa menentukan intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Walaupun chaya matahri itu penting,  namun bila rumah anda mendapatkannya secara berlebihan itu juga kurang baik. Oleh karena itu, usahakan rumah anda tidak menghadap timur. Atau, anda bisa menyiatinya dengan menggunakan” window blind” pada luar jendela sehingga ruangan anda tidak terlalu terekspos ke cahaya matahari.

 

Atur penempatan ruang

Untuk penemppatan ruang, anda bisa memaksimalkan sisi utara dan selatan sehingga chaya matahari tidak akan secara langsung mmasuk ke dalam rumah yang bisa mengakibatkan rumah anda panas.

 

Gunakan Ventilasi

Ventilasi atau jendela sangat penting bagi rumah untuk mengatur pertukaran udara di rumah anda. Maka dari itu, dalam membuat desain atau denah rumah, anda harus yakin bahwa rumah anda mempunyai ventilasi yang cukup sehingga udara di rumah anda tidak terlalu lembab atau panas. Udara yang terjebak di rumah anda bisa mengakibatkan udara yang kurang sehat.

 

Pilih peralatan elektronik hemat energy

Membuat rumah yang hemat energy berarti anda juga harus menggunakan alat-alat elektronik yang hemat energi, mulai dari lampu sampai alat elektronik berat. Hall ini bisa membantu anda menghemat tagihan listrik dan juuga menyelamatkan lingkungan anda.

  1. taman dalam rumah sebagai sirkulasi udara
  2. Cara mengatur letak ruangan pada denah rumah
  3. Denah rumah ukuran 6 x 7
  4. Kebutuhan ruangan pada denah rumah
  5. Cara memaksimalkan ruangan pada lahan tanah terbatas
  6. Denah rumah ukuran tanah
  7. Prinsip-prinsip Pembuatan Denah Rumah
  8. denah rumah minimalis sederhana 2 lantai
  9. denah rumah minimalis modern
  10. Cara Jitu Membangun Rumah dengan Aman
  11. Memilih denah rumah bagus untuk menciptakan hunian yang Sempurna
  12. Denah Rumah Satu Lantai: Pilihan Tepat Bagi Anda dan Keluarga
  13. Tips Membuat Rumah yang Ramah Lingkungan dengan Kopi
  14. denah rumah ukuran 15m x 20m
  15. Download Denah Rumah Gratis
  16. cara membuat denah rumah tinggal
  17. Denah rumah 1 lantai
  18. denah desain rumah minimalis
  19. Denah rumah 2 lantai

Komentari

*
*

Current ye@r *