Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Tips Desain Rumah Hemat Energi

Memiliki rumah tinggal di daerah beriklim tropis memang harus siap dengan udaranya yang panas. Bagi sebagian orang, udara yang panas bisa diatasi dengan menggunakan Air Conditioner (AC) serta kipas angin. Demikian pula ketika rumah terlihat gelap karena pencahayaan tidak bisa masuk dengan optimal, mereka pun lebih memilih menghidupkan lampu sepanjang hari. Bagi Anda yang memiliki finansial berlebihan, pastinya hal ini tidak menjadi masalah serius. Tapi bila finansial Anda pas-pasan, coba hitung berapa banyak energi yang dihabiskan untuk menyalakan AC dan lampu sepanjang hari. Lalu kalkulasikan dengan biaya yang harus dikeluarkan selama per bulannya. Luar biasa besar bukan?

desain teras rumah

Penggunaan AC, kipas angin serta lampu sebenarnya bisa diminimalisasi ketika desain rumah Anda benar-benar mempertimbangkan aspek pencahayaan dan sirkulasi udara dengan baik. Selain bisa menghemat energi, pencahayaan dan sirkulasi udara yang berjalan optimal juga mampu menciptakan sebuah rumah tinggal  yang sehat bagi penghuninya. Untuk mewujudkan rumah yang mampu memenuhi kriteria tersebut, tips desain rumah hemat energi berikut ini bisa membantu Anda:

(1)    Posisi rumah. Pastikan rumah Anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika terlalu berlebihan juga kurang baik karena akan membuat rumah terasa panas. Oleh karena itu posisi rumah Anda tidak disarankan menghadap ke timur. Namun Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan window blind.

(2)    Sirkulasi udara. Agar sirkulasi udara benar-benar terpenuhi dengan optimal, pastikan rumah memiliki sejumlah ventilasi yang cukup. Anda disarankan menggunakan ventilasi silang.

(3)    Pencahayaan. Agar seluruh ruangan di dalam rumah bisa mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari, Anda bisa melengkapi ruangan dengan jendela yang memiliki bukaan lebar. Atau bisa pula dengan menggunakan skylight. Selain itu, Anda pun bisa mengoptimalkan bentuk ruangan yang memanjang ke utara dan ke selatan sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalamnya dengan mudah.

(4)    Tanaman. Lengkapi pula rumah Anda dengan sejumlah tanaman dan pohon-pohonan. Pastikan Anda selalu merawatnya sehingga rumah terlihat hijau dan nyaman ditempati.

Pilihlah alat elektronik yang hemat energi.

  1. Rumah Tradisional Indonesia
  2. Membuat desain rumah 3d
  3. Cara cari rumah desain bagus
  4. Menghemat Ruang pada Denah Rumah Minimalis
  5. paket gambar desain rumah 2 lantai siap bangun
  6. Desain Teras Rumah Klasik
  7. desain bangunan rumah tinggal yang bagus
  8. Tips Memilih Perusahaan Kontraktor dan Arsitek Online Terpercaya
  9. Cerdas Memilih Jasa Arsitek
  10. Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien
  11. Desain Rumah Mediterania Makin Diminati
  12. Download Desain Rumah Hemat Energy
  13. Tips Desain Rumah Murah
  14. Desain Rumah Minimalis yang Sehat
  15. Desain Rumah Simpel Ala Pasangan Muda
  16. konsultan desain interior rumah
  17. memilih rumah yang baik
  18. Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil
  19. Efisiensi dalam Biaya Desain Rumah

1 Komentar

  • Ardhian says:

    kami menawarkan kepada para pengembang ataupun kontraktor teknologi lampu LED yang mampu mengehemat energi hingga 80%.
    Cukup dengan 4 watt mampu menghasilkan 330 lumens dan 7 watt dengan 650 lumens.
    silahkan hubungi kami di 081227114411 untuk mendapatkan penawaran yang menarik.
    kami tunggu kerjasama dari anda sekalian.

    terima kasih.

Komentari

*
*

Current ye@r *