Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Tips Desain Rumah Berkarakter Tropis Modern

Desain rumah yang sedang trend belum tentu cocok diterapkan untuk semua orang. Terlebih lagi bila Anda menginginkan desain rumah yang berkonsep khas, yakni yang sesuai dengan karakter penghuninya sekaligus mampu memberikan kenyamanan. Tentunya tidak bisa sekedar mengambil contoh desain yang sedang trend dengan begitu saja. Anda membutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari anggaran, pemilihan konsep, pemilihan interior dan eksterior rumah hingga ke tahap realisasinya.

desain rumah tropis

Untuk mewujudkan rumah tinggal yang berkarakter dan mampu memberikan kenyamanan, penting bagi Anda untuk menyesuaikan desain bangunan dengan iklim daerahnya. Khususnya negara yang beriklim tropis sebagaimana Indonesia. Bagi Anda yang tinggal di daerah beriklim tropis dan saat ini hendak menyiapkan sebuah desain rumah, tips desain rumah berkarakter tropis berikut ini bisa membantu Anda mewujudkan rumah tinggal yang sesuai dengan karakter penghuninya:

Pertama, pemilihan konsep yang berkarakter. Rumah berkarakter memiliki ciri khas yang unik. Jadi tidak sekedar mengikuti trend yang ada. Persiapkan konsep rumah dengan cermat ketika Anda mendesain sebuah rumah. Pastikan desain rumah yang Anda pilih memenuhi sejumlah kriteria berikut ini:

(1) Mampu mengakomodasi aktifitas dan sesuai dengan kebutuhan penghuninya;

(2) Memiliki tata ruang yang mengalir sehingga memudahkan mobilitas penghuni rumah;

(3) Interior yang digunakan bersifat fungsional.

Kedua, menggabungkan konsep rumah berkarakter dengan desain rumah bergaya tropis modern. Rumah bergaya tropis modern menonjolkan ciri khas bangunan tropis, yakni ramah lingkungan namun tetap tampil modern. Keunggulan gaya rumah tropis modern adalah kemampuannya dalam mengakomodasi iklim tropis yang panas. Sehingga rumah tetap terasa nyaman meskipun udara di luar terasa panas. Selain itu, tampilannya juga terlihat menarik. Elemen rumah yang ditonjolkan dalam hal ini adalah aspek pencahayaan dan sirkulasi udara. Rumah bergaya tropis modern mengedepankan sistim pencahayaan alami dengan mengandalkan jendelanya yang memiliki bukaan lebar, ventilasi yang terpasang di sekeliling bangunan maupun skylight pada pojok-pojok rumah ataupun plafond. Ukuran plafond dibuat tinggi, yakni sekitar 2,5-3 meter sehingga ruangan terasa sejuk meskipun tanpa AC ataupun kipas angin.

  1. konsultan desain interior rumah
  2. Tips Desain Rumah Tahan Banjir
  3. Mendesain Gazebo Taman Asri dan Cantik
  4. Tips Desain Rumah Murah
  5. Syarat pemasangan keramik yang baik
  6. Tips Mendesain Sendiri Rumah Minimalis
  7. Model Desain Rumah Perumahan
  8. Keuntungan Menggunakan Jasa Desain Rumah
  9. Membuat Rumah Semakin Menarik
  10. Ciri ciri desain rumah islami
  11. contoh desain rumah minimalis 2 lantai
  12. Taman Mungil Hijau dan Asri
  13. Memilih desain rumah untuk rumah idaman
  14. Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil
  15. Desain Unik Rumah Kubus
  16. Design rumah lengkap
  17. Memilih desain pagar rumah terbaik
  18. Tampak Rumah Minimalis
  19. Design rumah indah

Komentari

*
*