Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Standar kemiringan sudut atap rumah tinggal

Ada yang tahu berapa standar minimal kemiringan sudut rumah tinggal? Mari berbagi ilmu disini. Meskipun kelihatanya sepal namun efeknya cukup besar, misalnya atap rumah genteng yang dibuat terlalu landai maka air hujan tidak bisa mengalir kebawah tapi justru jatuh kesela-sela sambungan genteng dan masuk kedalam ruangan rumah. Sebaliknya jika dibuat terlalu tegak maka besar kemungkinan terdapat atap genteng yang merosot saat angin kencang atau hujan turun. Semua itu tentu sangat merepotkan penghuni rumah. Oleh karena itu mari kita bahas disini secara detail.

 

Kemiringan Atap Genteng

Minimal kemiringanya adalah 30 derajat, rata-rata dibuat dengan kemiringan 35 derajat. Jika lebih landai dari itu maka diperlukan atap tambahan dibawahnya, misalnya dengan memasang plastic tebal. Atau jika dibuat lebih tegak dari itu maka diperlukan perkuatan pada setiap genteng, contohnya dengan cara memasang sambungan pada paku dan reng.

Kemiringan Atap Asbes / Seng

Bisa dipasang lebih landai dari genteng, yaitu minimal sudutnya 10 derajat, karena ukuranya yang lebar dan sambungan cukup bagus jadi tidak rawan terjadi kebocoran meskipun dibuat landai.

Kemiringan Atap dak cor beton

Untuk jenis ini tidak perlu kemiringan, atau bisa dibuat 0 derajat. Namun jika mau membuat miring juga tidak jadi masalah, misalnya dengan tujuan menyesuaikan bentuk arsitektur rumah terindah. Agar tidak mengalami kebocoran ketika hujan turun maka diperlukan pelapisan dengan bahan waterproofing sehingga air tidak bisa tembus kedalam rumah tinggal.

 

Jenis atap lainya bisa disesuaikan dengan bahan dan kondisi rumah yang akan dibangun, apalagi akhir-akhir ini banyak inovasi yang dilakukan para produsen sehingga banyak sekali ragam material atap dipasaran, Namun tenang saja tidak perlu bingung menentukan sudut mini8mal kemiringan karena biasanya para produsen sudah melengkapi data spesifikasi teknis dan syarat pemasangan ketika mengajukan penawaran untuk menjadi supplier bahan atap rumah tinggal. intinya adalah bagaimana agar atap rumah bisa terlihat indah namun tetap dapat berfungsi dengan baik, dapat dibuat dengan biaya semurah mungkin, berkualitas bagus serta awet tahan lama.

  1. Pilihan gambar model atap rumah
  2. kelebihan rangka atap baja ringan
  3. Tips Desain Atap Rumah
  4. menghitung kebutuhan atap genteng
  5. Menghitung kebutuhan dan harga genteng per m2
  6. harga rangka atap baja ringan 2012
  7. Cara pemasangan rangka atap baja ringan
  8. Atap Rumah Minimalis
  9. perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan
  • Kevin Tanady

    terima kasih, sangat membantu untuk para mahasiswa teknik sipil yang baru mengambil mata kuliah struktur kayu. :)

  • adyrachmawan

    ass.wr.wb

    Mohon bantuan nya,saya sedang membikin atap rumah dengan kemiringan kurang dari 30 derajat. saya memakai genteng semen hasilnya pada bocor.
    tetapi saya tidak minat memekai asbes. cocok nya memakai genteng apa?