Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Sambatan gotong royong membangun rumah

Sambatan adalah istilah jawa yang berarti sebuah tradisi membangun rumah secara gotong royong, misalnya disuatu kampung ada seseorang yang punya hajat membangun rumah maka seluruh warga datang untuk berpartisipasi, bagi yang punya keahlian tukang bangunan maka membantu dengan tenaga, bagi yang punya kelebihan harta maka membantu dengan mendatangkan bahan bangunan, ibu-ibu yang punya ketrampilan memasak juga ikut bergabung membuat masakan spesial bagi warga yang yang sedang bergotong royong membangun rumah, bagi yang tidak punya apa-apa misalnya kebetulan sedang sakit maka bisa membantu dengan doa semoga proses pembangunan dapat berjalan dengn lancar. sebuah tradisi indah yang mungkin hanya ada di Indonesia ini sudah banyak menghasilkan bangunan diberbagai wilayah dari sabang sampai merauke, bukan hanya bangunan berwujud benda namun juga yang berbentuk jiwa. cocok seperti bait salah satu lagu nasional indonesia yaitu “Bangunlah badanya, bangunlah Jiwanya…”. sebenarnya apa saja keuntungan yang bisa di peroleh jika membangun rumah dengan cara gotong royong? mari kita uraikan :-)

 

Keuntungan sistem gotong royong dalam membangun rumah

  1. Terciptanya kerukunan antar warga, penduduk satu kampung seakan bagian dari keluarga sendiri, jika salah satu mengalami kesusahan maka yang lainya ikut marasakan kemudian membantu dengan kemampuan masing-masing.
  2. Membangun rumah tanpa uang merupakan sesuatu yang sangat bisa dilakukan jika pembangunanya menggunakan sistem sambatan.
  3. Membangun rumah tidak lagi harus mengeluarkan biaya tapi seringkali yang terjadi justru mendapat keuntungan karena banyak warga datang memberikan sumbangan berupa tenaga,uang,bahan bangunan, bahan makanan dll.
  4. Pada sistem ini uang bukanlah segalanya seperti yang banyak terjadi di kota besar, mungkin budaya materi telah mengubah manusia untuk bersaing dengan orang lain dengan cara memperbanyak materi yang melekat pada diri, yang tidak setuju denngan budaya ini juga terpaksa harus ikut karena banyak orang bilang “apa-apa harus bayar pakai uang”, memang rumah mewah berhasil berdiri megah namun yang terjadi adalah suasana lingkungan yang angkuh dan tidak kenal tetangga.
  5. Waktu pengerjaan sangat cepat, bangun satu rumah lengkap bisa selesai dalam waktu 1 hari saja karena yang bekerja sangat banyak, kinerjanya juga bagus karena dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan.
  6. Fungsi rumah bukan lagi sebagai sarana untuk menyombongkan diri kepada tetangga atau warga sekitar, karena dibangun secara bersama jadi semua warga punya tanggung jawab untuk turut memelihara bangunan.

 

sambatan membangun rumah

Sebuah tradisi sambatan yang indah dalam membangun rumah, tradisi ini banyak ditemukan di pedesaan atau perkampungan yang masih jauh dari pengaruh kebudayaan material. semoga tidak musnah seiring perjalanan zaman, tidak tergantikan oleh kebudayaan buruk yang seringkali merubah pola hidup masyarakat sosial menjadi orang-orang egois mementingkan diri sendiri, selamat membangun rumah dengan cara sambatan atau gotong royong :-)

  1. Membangun rumah sendiri
  2. Daftar penyebab rumah roboh
  3. Program pembangunan rumah susun di jakarta
  4. Desain rumah terbaik di Indonesia
  5. Tips Membuat Rumah yang Ramah Lingkungan dengan Kopi
  6. Gambar rumah: ide dasar bangun rumah
  7. Tips untuk desain rumah minimalis
  8. Cara bangun rumah hemat
  9. Cara membangun rumah dengan KPR
  10. Kontraktor bangun rumah di demak
  11. Membangun rumah sejuk dan nyaman
  12. Membangun rumah hemat
  13. Yuk, Berhemat dalam Finishing rumah
  14. Kegunaan rumah tinggal
  15. Tips Membangun Rumah Secara Efisien
  16. Tips Hemat Membangun Rumah
  17. Membangun rumah bertahap
  18. gambar desain masjid surodadi demak
  19. persiapan Sebelum Membangun Rumah

Komentari

*
*
3+8= (Plus)*