Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Rumah Type 36 Modern Minimalis

Rumah type 36 adalah salah satu jenis desain rumah minimalis. Model rumah ini tidak begitun luas namun sekarang banyak orang yang minat terhadap model rumah minimalis rumah type 36 ini. Rumah type 36 tidak hanya berbentuk rumah tetapi bisa juga berbentuk apartemen. Dengan memerhatikan desain denah ruangan, bagaimana penataan interior dan sirkulasi udara serta tak lupa pencahayaan yang tepat maka rumah type 36 tetap nyaman untuk ditempati.

 

Untuk rumah type 36 diperlukan kekreatifan untuk menyiasati interior setiap ruangan yang ada agar bisa terlihat menarik walaupun kecil. Biasanya di rumah type 36 hanya ada satu kamar anak saja.

 

Namun jika Anda memiliki tanah yang cukup luas di sekitar rumah type 36 Anda, Anda masih bisa melakukan beberapa perubahan tidak seperti apartemen type 36. Penggunaan partisi-partisi yang bisa dibongkar-pasang pun sangat dianjurkan, pemilihan interior dan cat ruangan pun akan menentukan apakah desain rumah tersebut mengesankan walau kecil.

 

Untuk memulai membangun rumah type 36, Anda bisa membuat daftar ruangan yang dibutuhkan dan tak luas dari masing-masing ruangan. Anda bisa memulai dari ruangan utama seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan lain-lain. Anda bisa menghitung luas masing-masing ruangan utama tersebut dan menentukan posisinya.

 

Setelah itu, Anda bisa memperkirakan perabotan apa saja yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Dalam hal ini, kita harus memerhatikan bahwa ada cukup sirkulasi udara setelah memasukkan perabotan tersebut. Sedikit tips, untuk ruangan yang sering basah seperti kamar mandi, tempar mencuci dan dapur dibuat secara berdekatan atau bisa dalam satu jalur agar gampang untuk pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Buangan air kotor ke septik tank pun harus diupayakan lurus jangan berbelok.

 

Dalam rumah type 36, yang paling Anda utamakan adalah ruangan yang fungsional atau memang benar-benar berguna. Ruangan di rumah type 36 sering kali tidak bisa berfungsi tunggal tetapi multi-fungsi mengingat kondisi rumah yang memang sempit sehingga kita harus memaksimalkan sedemikian rupa ruangan-ruangan yang ada.

 

Sebagai contoh, ruang tamu Anda juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang baca karena toh tamu datang hanya sekali-sekali jadi kenapa harus dibiarkan kosong kalau begitu? Atau ruang belajar anak, Anda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk ruang kerja Anda juga sehingga tercipta kedekatan antar-keluarga.

 

Contoh Rumah Type 36

Sebagai contoh, tata ruang type 36 terdiri dari ruang serba guna, 2 ruang tidur, kamar mandi, dapur dan carport atau garasi mobil. Ruang serbaguna berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan yang lainnya dengan luas 3x4m. Ruang kamar tidur berada di sebelah kiri dari ruangan serba guna berukuran 3×2,5m. Ruang tidur anak terletak di bagian belakang ruang serba guna dengan ukuran 3×2,5m. Kamar mandi dengan ukuran 1,5×1,5m dan dapur 2×1,5m. Dapur dan kamar mandi bisa diletakkan di bagian belakang karena termasuk area servis. Di bagian kiri depan rumah, Anda bisa meletakkan carport dengan luar 4x3m.

 

Bangunan rumah type 36 ini bergaya modern minimalis. Untuk teras depan, diberi motif garis-garis pada kolom-kolom teras depan agar terkesan lebar. Untuk mempertegas jendela kamar tidur yang diapit oleh dinding, Anda bisa mengecat warna cerah. Untuk kusen pintu dan jendela sebaiknya pakailah yang praktis dan ringan. Anda juga harus memerhatikan ventilasi udara yang ada, sebaiknya di setiap ruangan diberi ventilasi udara bisa berbentuk persegi saja.

  1. Memilih Warna yang Tepat untuk Desain Interior Rumah
  2. Desain Rumah Tahan Gempa
  3. Desain Rumah Mungil Berkesan Luas
  4. Tips Desain Rumah Tipe 36
  5. Tips Design Rumah- Pilihan Warna Cat yang Tepat Untuk Rumah Impian
  6. Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan
  7. Membuat desain rumah dengan ide bebas
  8. 4 Hal Dasar yang penting Untuk Rumah Modern
  9. Tips Desain Kamar Anak
  10. Desain Rumah Si Penggemar Kuliner
  11. Tips membangun design rumah minimalis
  12. Tips Mendesain Ruang Tamu Berukuran Mungil
  13. Cara menghitung biaya jasa desain rumah
  14. Perbandingan arah hadap rumah timur selatan barat utara
  15. Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil
  16. Desain Rumah Mediterania Makin Diminati
  17. Tutorial membuat desain rumah dengan autocad
  18. Desain Rumah Minimalis: Mengolah Fasad Agar Cantik dan Hemat
  19. Tips Desain Kamar Kos Minimalis
  • teguh satria

    untuk rumah 1 lantai bisa menggunakan pondasi Strauss Pile ,lebih kuat dan kokoh