Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Rumah idaman yang indah tidak harus mahal

Mewujudkan rumah idaman yang indah tidak selalu berbanding lurus dengan biaya mahal, bisa jadi sebuah ide sederhana dengan material murah justru dapat menciptakan nuansa keindahan. Pada situasi tertentu sering kita temui sebuah bangunan yang dibangun dengan harga mahal ternyata kurang indah atau masuk kriteria biasa-biasa saja, sedangkan dilain kondisi sebuah rumah murah ternyata terlihat indah. Lalu sebenarnya apa saja yang dapat dilakukan sebagai upaya mengehemat biaya bangun rumah idaman.

 

Tips membuat rumah idaman yang tidak mahal

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka menghemat biaya pembangunan rumah idaman yaitu

  1. Membuat gambar bangunan lengkap sebagai pedoman pelaksanaan, mengeluarkan biaya perencanaan rumah bukanlah suatu penyebab pemborosan namun justru menghemat biaya bangun rumah, kenapa demikian? Misalnya pengurangan pekerjaan bongkar pasang saat pelaksanaan karena segala perubahan dan penuangan keinginan sudah direvisi pada gambar atau istilah mudahnya jika merubah gambar bisa dilakukan dengan menghapus sedangkan merubah saat pelaksanaan berrati ada pekerjaan bobok.
  2. Membuat perhitungan RAB rencana anggaran biaya bangunan, dengan menghitung RAB maka dapat diperkirakan total biaya yang dibutuhkan sebelum proses pelaksanaan berlangsung. Dengan data ini maka bisa di lakukan penghematan pada item pekerjaan tertentu seperti pengurangan bentuk detail bangunan atau perubahan penggunaan material yang lebih murah.
  3. Mencari alternatif bahan bangunan pengganti yang lebih murah dan cepat dalam pelaksanaan, contohnya pasangan dinding batu bata bisa digantikan dengan tembok batako sehingga didapatkan biaya yang lebih murah.
  4. Menggunakan metode pelaksanaan paling mudah dan murah, disini diperlukan inovasi dan kreatifitas sehingga didapat penghematan, misalnya penggantian struktur beton konvensional menjadi beton precast jadi siap pasang, sehingga waktu pelaksanaan lebih cepat dan biaya lebih murah.
  5. Mempercepat waktu pelaksanaan pembangunan, percepatan pelaksanaan sangat berpengaruh dengan biaya yang dkeluarkan, bermacam cara dapat dilakukan seperti pemilihan tukang bangunan professional yang ahli dibidangnya masing-masing, dengan disiplin kerja bagus maka diharapkan pekerjaan cepat selesai.
  6. Lokasi pembangunan rumah juga sangat mempengaruhi biaya pembangunan, rumah pada lokasi strategis dengan jalur transportasi mudah maka akan menghemat biaya pembelian material.
  7. Pelaksanaan dengan urutan kerja yang benar, contohnya pemasangan instalasi pipa dilakukan sebelum pekerjaan lantai keramik dan plesteran dinding sehingga tidak terjadi pekerjaan bongkar pasang untuk menaruh pipa pada tempatnya.

 

Hal-hal lain dapat dilakukan sebagai hasil dari inovasi dan kreatifitas sehingga dapat membuktikan bahwa membangun rumah idaman yang indah ternyata tidak harus mahal :-)

  1. Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah
  2. Desain Ulang Rumah Sesuai Keinginan Anda
  3. Tips Desain Rumah Tahan Gempa
  4. Tips Mendesain Rumah Idaman
  5. Tips Menjadikan Desain Rumah Lebih Green (Ramah Lingkungan)
  6. pondasi rumah terbaik
  7. Cara menghemat listrik di rumah
  8. Syarat pemasangan keramik yang baik
  9. Memaksimalkan Fungsi Ruang pada Rumah Sederhana
  10. konsultasi design rumah online
  11. Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil
  12. Desain Rumah Papan dan Keuntungannya
  13. Tips Dekorasi Rumah
  14. Desain Rumah Si Penggemar Kuliner
  15. Desain Ruang kerja
  16. Desain Rumah Bergaya Oriental
  17. Desain Rumah Minimalis: Mengolah Fasad Agar Cantik dan Hemat
  18. Design Rumah Sederhana Bergaya Tropis
  19. memilih rumah yang baik

Komentari

*
*

Current ye@r *