Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Pilihan gambar model atap rumah

Saat pembangunan, salah satu hal yang mungkin tidak banyak diperhatikan oleh orang-orang adalah model atap rumah yang akan digunakan. Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa semua atap sama dan fungsinya sama yaitu menjaga dan menutupi bagian atas rumah. Padahal sebenarnya terdapat beberapa macam model atap rumah yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selain itu atap rumah merupakan hal yang dapat membedakan rumah anda dengan rumah tetangga anda. Sebuah model atap rumah juga dapat mempengaruhi biaya pembangunan rumah anda. Oleh karena itu, jika anda sedang merencanakan untuk membangun sebuah rumah, maka pertimbangkanlah atap yang akan anda gunakan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pada bagian ini akan terdapat beberapa gambar model atap rumah yang ada dan biasanya digunakan oleh sebagian besar orang.

 

Bentuk dan model atap rumah

Di antara semua gambar model atap rumah yang anda ketahui, dua model yang paling sering digunakan adalah gable roof atau juga dikenal dengan pelana dan hip roof atau perisai.

 

Apakah saat anda kecil, anda sering menggambar sebuah atap rumah yang berbentuk segitiga panjang dengan sudut yang curam? Jika anda menjawab iya, maka gambar model atap rumah tersebut termasuk atap pelana. Atap ini memang bentuknya seperti segitiga panjang dan memiliki sudut yang cukup curam dibandingkan dengan atap yang lain. Hal ini berfungsi agar segala sesuatu yang jatuh pada atap tersebut baik hujan, daun, sampah atau hal-hal yang sejenis dapat langsung jatuh ke bawah ke sisi bangunan.

 

Atap perisai memiliki bentuk yang berbeda sedikit dibandingkan dengan atap pelana. Gambar model atap rumah ini lebih sedikit lebih melebar dan tidak securam atap perisai. Dengan bentuk yang berbeda, atap ini awalnya ditujukan untuk rumah-rumah yang berada di lingkungan dengan iklim yang ekstrim atau dengan kata lain tempat yang sering mengalami angin dan badai. Dengan bentuknya inilah, atap memungkinkan untuk menahan tiupan angin dari berbagai sisi dan arah. Jika anda memperhatikan baik-baik gambar model atap rumah ini lebih luas dan lebih lebar jadi biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan atap jenis ini tentunya lebih mahal.

 

Kedua model atap diatas merupakan model atap yang sering digunakan oleh  manusia untuk rumah mereka. Namun baik atap perisai maupun atap pelana lebih baik digunakan untuk model rumah yang bernbentuk lonjong atau lurus saja. Jika anda memiliki bentuk bangunan yang lebih ribet, maka anda tidak bisa menggunakan salah satu dari kedua model tersebut, namun anda bisa menggunakan kombinasi dari atap perisai dan pelana. Untuk bangunan yang berbentuk L, T ataupun dapat menggunakan bentuk gambar model atap rumah pelana silang sebagai alternatif.

 

Sebuah rumah yang bagus tidak hanya memiliki sebuah desain atap saja yang bagus, namun juga material yang bagus. Salah satu alternatif yang dapat anda gunakan untuk atap anda adalah baja ringan. Baja ringan memiliki harga yang cukup murah dan memiliki kualitas yang sangat baik. Selain baja, material atap yang murah adalah kayu. Dulu banyak orang yang memilih kayu sebagai material atap mereka karena kualitasnya cukup bagus. Namun sekarang banyak kayu yang kualitasnya kurang dan mudah rusak karena rayap ataupun karena terkena air. Permintaan yang semakin tinggi terhadap kayu pun akhirnya juga menyebabkan penebagangan yang ilegal. Pada akhirnya penggunaan kayu pun dibatasi.  Dengan mengetahui model-model diatas, semoga anda dapat memilih model atap yang terbaik!

  1. harga rangka atap baja ringan 2012
  2. Standar kemiringan sudut atap rumah tinggal
  3. kelebihan rangka atap baja ringan
  4. Atap Rumah Minimalis
  5. Tips Desain Atap Rumah
  6. perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan
  7. Cara pemasangan rangka atap baja ringan
  8. Menghitung kebutuhan dan harga genteng per m2
  9. menghitung kebutuhan atap genteng

2 Komentar

  • rumbunusin says:

    model atap rumah masih kurang banyak yang disesuaikan dengan type rumah itu sendiri dan sesuai dengan daerahnya

  • bambang says:

    bagaimana pemasangan rangka baja dgn struktur bagunan yg lurus dr atas kebawah tanpa gunungan dgn sudut kemiringan 45 derajat.. tinggi 7 meter depan 3.5 meter dan panjang 9 meter lebar…21 meter…
    berapa biaya habis untuk pemasangan rangka baja + atap spandex aja

Komentari

*
*