Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Persiapan membangun rumah

Pekerjaan persiapan membangun rumah merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membangun rumah dengan baik, dengan persiapan yang matang diharapkan dapat menghasilkan sebuah bangunan rumah dengan kualitas maksimal dan dikerjakan dalam waktu yang sudah direncanakan, Selain itu pekerjaan persiapan dalam membangun rumah juga berfungsi untuk meminimalisasi adanya hal-hal yang tidak diharapkan dalam proses kegiatan membangun rumah nantinya, Lalu pekerjaan apa saja yang masuk dalam pekerjaan persiapan? semoga uraian dibawah ini dapat memberikan gambaran tentang beberapa pekerjaan persiapan membangun rumah

 

Menentukan lokasi rumah

Penentuan lokasi sebuah rumah nantinya akan dibangun merupakan sebuah hal penting, apalagi jika yang akan dibangun nantinya adalah sebuah rumah permanen yang tidak bisa dengan mudah dipindahkan kelokasi tanah lainya yang diharapkan, berbagai pertimbangan perlu diselesaikan seperti kedekatan jarak rumah dengan lokasi usaha atau kerja, kondisi lingkungan disekitar rumah nantinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan keluarga calon penghuni rumah, posisi rumah kerabat atau keluarga, sampai bagaimana perkembangan wilayan itu kedepan.

 

Mengukur tanah yang akan dibangun

Setelah lokasi rumah ditentukan maka kegiatan selanjutnya adalah mengukur tanah, bagaimana bentuk tanahnya apakah persegi empat, segi tiga atau bentuk tanah lainya, dan berapa ukuran tanahnya, hal ini berguna untuk penentuan anggaran biaya rumah dan pembuatan gambar rumah.

 

Membuat gambar rumah

Dengan berdasarkan ukuran tanah yang sudah dibuat sebelumnya maka kita dapat membuat gambar rumah yang akan dibangun nantinya, konsultasikan kepada semua pihak keluarga sehingga dapat diputuskan seperti apa design rumah yang akan dibangun apakah sudah mewakili selera masing-masing anggota keluarga dan jika ada kesulitan bisa dikonsultasikan kepada arsitek rumah yang dapat memahami gambar rumah, segala perubahan bentuk dan model rumah akan lebih baik dilakukan pada gambar dari pada merubah rumah yang sudah dibangun bukan ? :-)

 

Menghitung rencana anggaran biaya bangunan

Berdasarkan gambar rumah siap bangun serta spesifikasi material rumah yang akan digunakan maka kita dapat menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan dalam membangun rumah.

 

Mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin penggunaan tanah

Pengurusan izin mendirikan rumah sebelum mendirikan rumah diharapkan dapat menghindari hal-hal yang tidak diharapkan nantinya seperti bangunan disegel yang tentunya dapat mengganggu kelancaran dalam aktifitas membangun rumah.

 

Selamatan atau berdoa menurut kepercayaan masing-masing

Sebagi makhluk ciptaan tuhan tentunya akan lebih baik jika sebelum melaksanakan kegiatan membangun rumah kita adakan acara syukuran atau berdoa kepada tuhan agar aktifitas membangun rumah nantinya dapat berjalan dengan lancar.

 

Selain hal-hal diatas masih terdapat banyak lagi hal-hal yang harus diperdiapkan sebelum membangun rumah, Rumahbangun.com mengucapkan selamat mempersiapkan rumah idaman dan semoga berjalan dengan lancar :-)

  1. Langkah dan Persiapan Membangun Rumah Tinggal
  2. Contoh sederhana menghitung biaya bangun ruko
  3. Cara cepat bangun rumah
  4. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat bangun rumah
  5. Membangun rumah tinggal
  6. Bangun Rumah Berkualitas
  7. Tips Membangun Rumah dengan Biaya Hemat
  8. Cara mengatasi rumah bocor saat musim hujan
  9. Tips Bangun Rumah Hemat Biaya
  10. Membangun rumah di tanah miring
  11. Membangun rumah sendiri
  12. Cara Memilih Layanan Jasa Bangun Rumah Yang Tepat
  13. cara membuat rumah dengan konsep efisiensi energy
  14. Daftar penyebab rumah roboh
  15. Cara membangun rumah di tanah sengketa
  16. Tips Membangun Rumah Secara Efisien
  17. Kontraktor bangun rumah di demak
  18. Borongan Tentu Saja Sangat Praktis, Garap Sendiri Biasanya Lebih Hemat
  19. Bangun rumah di jakarta