Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah perencanaan desain rumah

Proses perencanaan desain rumah merupakan suatu hal penting yang dilakukan sebelum melaksanakan proses pembangunan rumah tinggal, dengan melakukan perencanaan rumah yang baik diharapkan dapat menghasilkan sebuah rumah tinggal yang baik sesuai dengan angan-angan serta gambara tentang rumah yang diharapkan sebelumnya. Perencanaan rumah juga dapat menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan baik dari segi kebutuhan material, tenaga kerja serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan rumah, produk dari perencanaan rumah yaitu:

 

Gambar Kerja / Gambar Shop Drawing

Berisi gambar rumah ( denah, tampak, detail, dll ) sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pekerjaan, baik dari segi ukuran, bentuk maupun jenis-jenis material yang digunakan pada masing-masing bagian bidang rumah nantinya. misalnya untuk sebuah rumah maka minimal diperlukan gambar denah rumah, tampak dan detail struktur rumah.

 

Volume pekerjaan ( Bill Of Quantity )

Berisi daftar volume pekerjaan pada masing-masing item pekerjaan yang nantinya digunakan untuk menghitung kebutuhan material, kebutuhan tenaga kerja serta biaya pekerjaan yang diperlukan. masing-masing item pekerjaan bangunan mempunyai satuan tersendiri misalnya pasangan batu kali dalam satuan m3 sedangkan pasangan dinding batu bata dapat menggunakan satuan m2 :-)

 

Rencana Anggaran Biaya Bangunan ( RAB )

Rencana anggaran biaya berfungsi sebagai batasan-batasan biaya yang diperlukan pada masing-masing item pekerjaan, serta sebagai pedoman untuk membuat kontrak kerja konstruksi dengan pemborong atau kontraktor. perhitungan RAB dapat menggunakan sistem m2 bangunan atau dengan menghitung setiap item pekerjaan secara teliti menggunakan analisa harga satuan bangunan sehingga dapat dijumlahkan menjadi satu kesatuan RAB rumah secara utuh.

 

Rencana Kerja dan Syarat – syarat ( RKS )

Berisi spesifikasi tiap item pekerjaan, meliputi tipe material merk, kualitas material dan sejenisnya. merek material terkadang juga perlu disebutkan pada item ini sehingga barang yang akan dipasang oleh kontraktor nantinya benar-benar sesuai dengan harapan dan tidak timbul banyak pertanyaan yang dapat menghambat jalannya pekerjaan dalam rahap pelaksanaan pembangunan desain rumah.

 

Metode pelaksanaan pekerjaan

Dengan metode pelaksanaan pekerjaan yang baik diharapkan dapat memperoleh biaya pelaksanaan yang murah serta waktu pelaksanaan yang cepat. misalnya untuk memasang granit dinding dapat menggunakan metode pemasangan sistem basah atau sistem kering yang tentunya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekuarang tersendiri, dengan melakukan kegiatan perencanaan desain rumah dengan baik dan matang diharapkan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan rumah :-)

  1. Memilih desain rumah untuk rumah idaman
  2. Desain Rumah Bergaya Oriental
  3. Mulai Membangun Rumah dengan Sofware Desain Rumah
  4. Tips Mempercantik Pelataran Rumah
  5. 4 Hal Dasar yang penting Untuk Rumah Modern
  6. website desain rumah
  7. Biaya desain rumah per m2 bangunan
  8. Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan
  9. Download Desain Rumah, Cara Praktis Punya Rumah Berkualitas
  10. Desain Rumah Mediterania Makin Diminati
  11. Membuat desain rumah 3d
  12. Ciri ciri rumah aman
  13. rancang desain bangun rumah tanpa arsitek
  14. contoh desain rumah minimalis 2 lantai
  15. Taman Mungil Hijau dan Asri
  16. Contoh Desain Rumah Idaman
  17. Desain Rumah Papan dan Keuntungannya
  18. Membuat Rumah Semakin Menarik
  19. Efisiensi dalam Biaya Desain Rumah

Komentari

*
*

Current ye@r *