Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Penyebab tembok rumah retak

Rumah yang indah terkadang terasa kurang sempurna jika ada dinding yang mengalami keretakan, banyak hal bisa menjadi penyebab tembok rumah retak sehingga perlu diantisipasi saat membangun rumah. disini kita uraikan beberapa penyebab keretakan tembok yang terbuat dari pasangan batu bata atau batako.

 

Penyebab tembok rumah retak

Sebelum memperbaiki keretakan dinding rumah perlu dicari terlebih apa yang menyebabkan tembok retak sehingga bisa diputuskan metode perbaikan yang paling tepat dan murah, berikut ini beberapa kemungkinan yang terjadi sehingga menyebabkan tembok retak.

  1. Struktur kolom rumah tidak kuat, khususnya penggunaan kolom praktis dengan ukuran dan penggunaan besi dibawah kebutuhan kekuatan struktur. beban rumah yang seharusnya ditahan oleh kolom harus ikut juga ditahan oleh tembok sehingga terjadi keretakan karena pasangan dinding batu bata bekerja diluar fungsi.
  2. Pondasi rumah yang tidak kuat dapat menyebabkan penurunan elevasi rumah, penurunan  pada sebagaian struktur dapat menyebabkan pergeseran sehingga tembok retak.
  3. Kondisi tanah dibawah rumah perlu diselidiki terlebih dahulu apakah memenuhi persyaratan untuk tempat berdirinya rumah, jika kondisi tanah tidak bagus maka harus dilakukan perbaikan struktur tanah terlebih dahulu sebelum membangun rumah.
  4. Bencana alam seperti gempa bumi yang mengguncang rumah juga dapat menyebabkan keretakan dinding, oleh karena itu perlu membuat perencanaan rumah tahan gempa untuk mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi dengan resiko minimal adalah penghuni rumah masih sempat menyelamatkan diri ketika terjadi keruntuhan akibat gempa.
  5. Faktor kesengajaan juga mungkin terjadi sebagai penyebab tembok retak, misalnya terdapat pekerjaan bobok dinding didekat tembok sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian bangunan lain yang sebenarnya tidak perlu.
  6. Jarak waktu pekerjaan plesteran dengan pasangan dinding batu bata yang terlalu cepat dapat menyebabkan dinding panas sehingga terjadi keretakan tembok.
  7. Penggunaan campuran adukan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kerusakan dinding rumah, misalnya penggunaan semen yang terlalu sedikit sehingga pasangan batu bata tidak dapat merekat dengan baik.

 

Cara mengatasi tembok retak apabila berkaitan dengan kegagalan struktur maka harus dilakukan perkuatan terlebih dahulu pada area struktur yang lemah seperti penambahan kolom praktis atau penebalan pondasi, sedangkan perbaikan tembok retak rambut yang terjadi karena terlalu cepatnya pengeringan plester aci dapat diatasi dengan memoleskan adukan semen kemudian dilakukan pengecatan sesuai warna tembok, demikan uraian tentang penyebab tembok retak.

  1. Perbandingan dinding batu bata dan batako
  2. Satu dinding untuk dua rumah di Perumahan
  3. menghitung kebutuhan bata batako per m2
  4. Fungsi plin keramik dinding
  5. Kelebihan Batako dibanding batu bata merah
  6. Ornamen dinding batu alam minimalis
  7. Solusi jika dinding rumah retak
  8. penyebab dinding tembok retak
  9. cara mengatasi dinding retak

1 Komentar

Komentari

*
*