Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Model Rumah Panggung Modern

Rumah panggung sebenarnya bukan merupakan gaya arsitektur yang baru. Sejak zaman dulu, arsitektur tradisional Indonesia sudah menerapkan model rumah panggung ini pada rumah-rumah tradisional orang melayu. Pada waktu itu area kolong atau lantai bawah lebih banyak digunakan untuk area ‘service’ seperti dapur, kamar mandi dan kamar mandi, bahkan ada yang memelihara ternak. Tentu saja rumah panggung sekarang lebih bersifat modern dan simpel, dengan demikian sudah tidak ada kesan kuno.  Model rumah panggung ini cocok untuk keluarga yang suka mengadakan acara besar namun memiliki keterbatasan lahan.

 

Walaupun rumah panggung ini merupakan rumah tradisional, tetapi prinsip-prinsip rumah panggung ini masih bisa digunakan untuk desain rumah modern. Desain rumah ini tetap terbagi atas dua bagian yakni atas dan bawah. Model rumah panggung memang memberi penegasan pada area private dan public. Pembagian denah rumah kedalam ruang-ruang besar di rumah panggung pada prinsipnya sama saja dengan model rumah biasa, pembedanya hanya bagian bawahnya saja sebagai ruang public. Bagian bawah dibuat semacam hall besar untuk area berkumpul dan bagian atas untuk area private keluarga. Di lantai atas memiliki denah rumah pada umumnya seperti  ruang tamu, ruang keluarga ruang makan, ruang tidur, dan kamar mandi. Bisa juga menambahkan teras di beranda rumah. Sedangkan lantai bawah dimanfaatkan untuk ruang servis, garasi, kamar anak, dan ruang makan.

 

Untuk desain rumah biasa ada banyak ruang penyekat, tetapi untuk model rumah panggung ruang bawahnya diusahakan sesedikit mungkin memakai dinding penyekat. Karena tidak banyak dinding penyekat maka sirkulasi udara pun bisa lebih optimal dan rumah terlihat lebih luas. Ruang bawah (kolong) ini memang dikonsentrasikan untuk dapat digunakan  kegiatan-kegiatan yang dapat menampung orang banyak seperti arisan, pesta atau perayaan hari besar tertentu. Jadi model rumah ini memaksimalkan lahan terbatas. Kolong adalah ruang yang cukup besar dan fleksibel, artinya kolong itu dapat digunakan untuk kegiatan apa saja. Kalau sedang tidak ada tamu dapat digunakan seperti ruang keluarga atau ruang bermain anak-anak.

  1. Anda Ingin Punya Rumah Unik? Temukan Idenya di Sini
  2. Tips Membuat Eksterior Rumah
  3. Model Rumah Apa Yang Cocok Untuk Anda
  4. Ternyata rumah idaman terbaik itu tidak selalu mewah
  5. Pilihan Interior untuk Rumah Minimalis Modern
  6. Cara Pintar Menyiasati Model Rumah Mini
  7. Tips Menjadikan Rumah Lebih Indah
  8. Model Rumah Favorit untuk Buah Hati
  9. Rumah RSS sangat sederhana sekali
  10. Model Rumah Terbaru
  11. Hemat Membangun Rumah dengan Model Rumah Tumbuh
  12. Cara mencari inspirasi desain rumah

Komentari

*
*
3+4= (Plus)*