Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah menghitung kebutuhan dan harga kayu per meter kubik

Harga kayu per meter kubik dapat digunakan untuk menghitung total biaya pekerjaan kayu yang dapat diketahui dengan cara menghitung terlebih dahulu kebutuhan kayu per m3 kemudian mengalikanya dengan harga satuan sehingga didapatkan jumlah harga secara keseluruhan. Kayu merupakah salah satu material bangunan yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan sementara seperti bekisting atau yang bersifat permanen seperti rangka atap rumah dan kusen pintu jendela, bagaimana cara menghitung kebutuhan kayu?

Penggunaan kayu sebaiknya sudah melalui proses pengawetan terlebih dahulu sehingga dapat bertahan lama karena tidak lapuk dan dimakan serangga, berbagai jenis kayu dapat digunakan sebagai bahan bangunan dari mulai kayu jati,kayu bengkirai,kayu kamper serta jenis pohon lainya dengan kekuatan dan kualitas masing-masing yang akan mempengaruhi hara kayu per meter kubik. Perhitungan volume kayu dapat dilakukan dengan berbagai cara, Uraian berikut mungkin dapat memberikan gambaran tentang langkah perhitungan yang dapat dilakukan.

Misalnya kita akan membuat Sebuah Kusen pintu kayu ukuran lebar 80 cm dan tinggi pintu 210 cm, dimensi kayu yang digunakan adalah 6 cm x 10 cm berapa m3 kebutuhan kayu yang harus diadakan untuk pembuatan kusen pintu kayu tersebut? Mari kita hitung bersama dengan sebelumnya melihat gambar pintu adalah sebagai berikut yang dibuat dengan software desain rumah Autocad.

gambar-detail-pintu

Pada gambar pintu diatas dapat kita lihat terdapat dua batang horizontal panjang masing-masing 2,1 m serta batang vertical dengan panjang 0,8 m yang jika ditotal panjang keseluruhan adalah 2,1+2,1+0,8=5m kayu,luas penampang kayu dengan ukuran 0,06 m x 0,10 m adalah 0,006 m2 jadi total volume kayu adalah 5m x 0,006m2 = 0,03 meter kubik, jika kayu yang digunakan dari jenis kamper dengan harga kayu per meter kubik Rp.5.000.000,00 maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kayu pintu tersebut sebesar 0,03m3 x Rp.5.000.000,00 = Rp.150.000,00. Selanjutnya datang ke toko bangunan untuk membeli kayu sebanyak 0,03m3 dengan membawa uang sebesar Rp.150.000,00 begitulah kurang lebih cara menghitung kebutuhan kayu per meter kubik selamat berhitung.

  1. Tips Memilih Desain Pintu Rumah
  2. Tips Desain Pintu Rumah
  3. Model Desain Jendela Rumah
  4. Proses Pemilihan Pintu Rumah Minimalis

Komentari

*
*