Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Menghitung kebutuhan dan harga genteng per m2

Menghitung kebutuhan genteng dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan rumus sehingga dapat diketahui jumlah yang diperlukan untuk menutup atap rumah, dari jumlah tersebut kemudian dapat dikalikan harga genteng per m2 atau per bh untuk mengetahui total kebutuhan biaya pembelian material. Kebutuhan genteng per m2 dapat dihitung dengan rumus 1m2:luas 1bh genteng sehingga didapatkan jumlahnya, misalnya untuk merk genteng tertentu membutuhkan 25bh genteng per m2 dengan harga Rp.5.000,00 perbuah, dari data ini dapat digunakan sebagai dasar menghitung genteng untuk satu rumah utuh.
Contoh perhitungan misalnya pembangunan sebuah rumah berukuran 6m x 10m dengan dua sisi atap masing-masing berukuran 12 m x 5 m maka luas atap secara keseluruhan adalah 12×5=60 m2, jika kebutuhan genteng 25 buah per m2 maka total yang diperlukan adalah 60.m2 x 25 bh = 1500 bh dengan total biaya pembelian sebesar 1500 bh x Rp.5000,00 = Rp.7.500.000,00. Begitulah kurang lebih cara menghitung kebutuhan jumlah dan harga genteng yang diperlukan untuk sebuah rumah, dalam pembelian ke toko bangunan perlu ditambahkan sejumlah lebih genteng sebagai angka keamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan genteng saat pemasangan misalnya genteng pecah atau retak sehingga tidak dapat dipakai, perlu juga ditambahkan persediaan genteng sebagai bahan mantentence apabila terjadi kebocoran, hal ini dilakukan apabila yang dipakai merupakan genteng langka sulit dicari.

atap-genteng

Bebagai macam genteng baik dari jenis bahan pembuat maupun bentuknya dapat dipilih sesuai dengan model rumah dan suasana arsitektur yang ingin ditampilkan. Cat genteng juga dapat digunakan untuk memperindah dan membuat awet atap rumah sehingga dapat dihasilkan sebuah bangunan dengan atap rumah kualitas terbaik. Genteng harus dipasang dengan baik tanpa kebocoran karena dapat menyebabkan kerusakan rangka atap dan plafond dibawahnya jika menggunakan material yang tidak tahan terhadap air hujan. Harga genteng per m2 akan bervariasi antara jenis yang satu dengan lainya serta waktu tertentu dengan waktu lainya oleh karena itu diperlukan data yang tepat dalam melakukan perhitungan rencana anggaran biaya bangunan.

  1. perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan
  2. harga rangka atap baja ringan 2012
  3. menghitung kebutuhan atap genteng
  4. Cara pemasangan rangka atap baja ringan
  5. Atap Rumah Minimalis
  6. Tips Desain Atap Rumah
  7. Standar kemiringan sudut atap rumah tinggal
  8. Pilihan gambar model atap rumah
  9. kelebihan rangka atap baja ringan

3 Komentar

  • Udin says:

    Penggunaan rangka baja ringan sekarang semakin marak, memberikan dampak lingkungan yang bagus terutama penggunaan kayu bisa dikurangi. Sebagai pengrajin yang sejak awal membuat genteng yang lebih mengutamakan daya tahan terhadap cuaca dari pada daya tahan terhadap beban kami menyambut baik kehadiran konstruksi baja ringan. Dengan beban yang pas tidak terlalu ringan agar kuat diinjak dan tidak terlalu berat, maka animo permintaan genteng bakar Kudus semakin terangkat. Sentra Genteng Kudus, yang mendapat bantuan beberapa buah kompressor dari pemerintah mendapat tugas terutama kontrol pembakaran, dimana yang dijual melalui Sentra Genteng hanya yang bakaran tengah saja, agar benar benar tahan cuaca tropik dan gas gas industri. Umur tehnis genteng bakar seperti itu terhadap cuaca tropik boleh dikata tidak terhingga. Jika atap bentuk A dan atap agak datar sebaiknya gunakan genteng jenis mantili dan morando 2000. Jika atap bentuk paris dan vertikal, jenis kodok juga bagus. Daya tutup efektif jenis kodok/mantili kecil 26bj/m2 mantili besar 23bj/m2, morando 2000 = 21bj/m2. bisa pesan ke Sentra Genteng Kudus via SMS 085726866999.

    [Reply]

  • Budi says:

    Salam kenal
    Berkunjung dan mencari ilmu nih bos.

    [Reply]

  • Zulkifli H Ilie UK says:

    Tks atas semua tips yang telah ditulis. Saya sedang bangun rumah tp pengembangan
    melanjutkan bangunan rumah yg sebelumnya. Rumah sebelumnya pakai atap genteng
    semen pioneer berat 3,8 kg per pcs. Utk pengembangan ini sy tdk lg pakai genteng semen tapi pakai seng genteng emiral 0,35 mili lebih praktis. Permasalahannya persediaan sebelumnya genteng semen ada 1500 pcs mau sy kemanakan…? Kalo ada yg berminat mau beli sy mau jual murah2 sj soalnya bikin sempit halaman rumah atau ada solusi lain… Alamat di Banda Aceh hp 08360933031. Terima kasih.

    [Reply]

Komentari

*
*
5+3= (Plus)*