Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Menghitung biaya bangun rumah per meter persegi

Sebelum membangun rumah terlebih dahulu kita bertanya berapakah perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut, dengan mengetahui perkiraan harga rumah maka dapat disiapkan biaya sebelum memulai pembangunan serta sesuai kebutuhan, rencana anggaran biaya ini juga diperlukan untuk membuat kontrak kerja konstruksi jika rumah dikerjakan dengan sistem borongan.

Lalu bagaimanakah cara menghitung biaya bangun rumah per meter persegi ? Berikut ini uraian tentang bagaimana menghitung biaya membangun rumah yang kita rencanakan dengan menggunakan sistem meter persegi bangunan.

 

Cara menghitung biaya membangun rumah per meter persegi

Biaya membangun rumah dapat dihitung berdasarkan harga per m2 lantai bangunan, cara ini merupakan cara cepat menghitung biaya bangun rumah namun mempunyai tingkat ketelitian yang belum dapat dipastikan sesuai dengan harga pekerjaan sebenarnya.

Harga bangunan per m2 bervariasi sesuai lokasi pembangunan dan kualitas bangunan yang akan dibangun, untuk rumah tinggal berkisar antara Rp.1.000.000,00 sampai dengan Rp.3.500.000,00.

Misalnya kita akan membangun rumah sederhana 1 lantai dengan ukuran 6 m x 10 m pada tanah persegi panjang dengan ukuran 6 m x 15 m, rumah ini dibangun pada suatu daerah, dengan data ini maka kita dapat menghitung perkiraan biaya bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

 

Luas rumah = 6m x 10m = 60 m2. ( pada rumah bertingkat dihitung luas masing-masing lantai lalu dijumlahkan total luas meter perseginya )

Harga bangunan per m2 = Rp.2.000.000,00. ( harga ini hanya sebagai contoh, diambil rata-rata saja, biaya per m2 berbeda masing-masing daerah dan kapan waktu pembangunan berlangsung )

Rencana anggaran biaya rumah = Luas rumah x harga bangunan = 60 m2  x  Rp.2.000.000,00 = Rp.120.000.000,00

 

Dari perhitungan biaya rumah diatas dapat kita perkirakan bahwa untuk membangun rumah dengan ukuran 6m x 10m ini membutuhkan biaya sekitar Rp.120.000.000,00. Untuk ukuran bangunan yang lain dapat disesuaikan dengan luasan bangunan dan harga per meter persegi bangunan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan daerah dimana lokasi pembangunan dilakukan.
harga-batu-bata-per-buah
Selain cara menghitung biaya bangun rumah atau rencana anggaran biaya bangunan per meter persegi terdapat cara lain yang lebih teliti namun juga diperlukan kesabaran dan ketilitian sehingga didapatkan hasil perhitungan yang mendekati kebenaran misalnya dengan menggunakan analisa harga satuan pekerjaan atau volume pekerjaan dikalikan harga satuan, dari masing-masing harga per item pekerjaan tersebut kemudian direkap kedalam total rencana anggaran biaya untuk satu rumah secara utuh, untuk cara menghitung biaya bangun rumah dengan menggunakan analisa harga satuan ini dapat dilihat pada artikel tentang rencana anggaran biaya bangunan.

  1. Tips Bangun Rumah Hemat Biaya
  2. Sambatan gotong royong membangun rumah
  3. Tips Dalam Memilih Jasa Bangun Rumah
  4. perencanaan bangunan tahan gempa
  5. Membangun rumah hemat
  6. Perbandingan plafon gypsum dan plafon asbes
  7. Program pembangunan rumah susun di jakarta
  8. Gambar rumah: ide dasar bangun rumah
  9. Daftar penyebab rumah roboh
  10. Jasa Bangun rumah
  11. Membangun rumah dengan KPR
  12. Membangun rumah mungil
  13. Harga borongan bangun rumah per m2 di Jakarta
  14. Yuk, Berhemat dalam Finishing rumah
  15. Harga Bangun Rumah
  16. Cara membangun rumah di tanah sengketa
  17. cara membangun rumah murah
  18. Cara mencari inspirasi desain rumah
  19. Pengertian Bangunan Hijau

75 Komentar

  • hary says:

    mohon masukannya pliss, saya ingin membangun sebuah rumah tingkat dua dengan luas sekitar 36m2 atau perndektan dimensi sekitar 6m*6m, saya baru bekerja dengan misalnya 4 juta per bulan, ingin berencana kredit bank, dengan asumsi pemkaian bahan2 bangunan yang paling baik, brapa kira2 bapak/ibu yang paham bidang ini, perkirakan biaay total seluruhnya?
    saya soalnya g mau ketipu Pak, Ibu hehehe..
    oh yah saya tinggal di Kota Bandung

  • didit says:

    saya mw ngebangun 1 kamar tidur plus kamar mandi dan dapur, kira2 ukuran 3×4 m, kira2 dgn budget kuarng dr 10 jt bs gak?mohon masukannya

  • gil_addict says:

    bisa kok om, ente diatas ane aja nih yg apatis meringis diantara lautan kumis
    pinjam aja di bank dengan jaminan surat tanahnya.. klo dua lantai dengan assumsi 6 x6 m luasnya jadi skitar 72 m2 om.. nah klo sederhana bangunanya paling sekitar 1,8 juta per m2
    jadi si Om harus pinjem kurang lebih 129 jutaan nah tinggal di hitung2 deh kalo pinjaman untuk setara KPR nyari bisa yg 10 tahun bunga effektif 15% yah cicilanya 2 jutaan lah..#perkiraan om
    tapi lebih bagus lagi ditabung dulu, biar ciclannya ga berasa berat…
    semangaaat …

  • tjokrobumi says:

    kalo doa itu yang baik2, kalo yang jelek2 itu nyumpahin

  • imam s says:

    sy ingin membangu 2 kontrakam petak da sy punya dana sebesar Rp 50.000 000 apa kah cukup mas

  • astyn says:

    saya berniat bangun 2 tingkat rumah apakah dana 100.000.000 cukup

  • wows novian says:

    Baru saja saya membeli rumah tipe 42, 1 lantai & kemudian saya merenovasi menjadi 2 lantai, dengan ukuran lantai 2, 38m2. Saya menyiapkan dana 90 juta rupiah. Tapi pada kenyataannya saya menghabiskan dana sampai 140 jutaan. Karena biaya membengkak pada suntik pondasi baru&tiang beton, kalo tau biaya membengkak. Saya ga bakalan ningkatin rumah mendingan saya beli 1 unit rumah sebelah dengan harga 160 juta

  • raimond says:

    pak yang saya mau tanya untuk harga brace price 2013,kira klip di mana.

  • raimond says:

    pak sy mau tanya untuk basce price

  • heri haryadi says:

    saya memiliki tanah 200m2 kira2 brp dana yg diperlukan untuk membangun rumah yg minialis dua lantai dengan garasi untuk 2 mobil. terimakasih

  • arie says:

    Pak Saya beli rmh ukuran tanah 9X20 trs mau Saya robohin smua rencana mau Saya bikin 2kontrakan mirip2 rmh ukr 36 dg ukuran 6X8 dg spek ruang tamu, 2kmr tdr, 1 kmr mndi, dapur & 1toko ukuran 4X8. Berarrti panjang tnh skrg mau buat lebar 3 bangunan (2kontrakan, 1toko). Utk kayu kaso & reng mau pakai kayu yg lama alias gak beli kaso & reng.
    Kira2 brp perkiraan biaya’y Pak?
    Mksh

  • Sam says:

    Bangunan 2lantai=1,8jt/m2 ngitungnya bgmana bos? Aman gak budget segitu? Soalnya saya jg sama mo ngebangun 2lantai di Bandung.

  • Tan says:

    Bagi teman2 pencinta rumahbangun.com yang kepingin membangun dan renovasi segala model bangunan yang berkualitas kami siap membantu. Hubungi kami di 0856.1853.462 atau 0818.0827.3797 kami siap memberikan konsultasi gratis

  • jelek333 says:

    harga beras 1kg brp

  • Joko says:

    Yang sudah2 sih dari taksiran semula bakalan jadi bengkak minimal 1/2 nya mas bro…

  • Assalamualaikum wr wb
    Mohon kalkulasi untuk membangun ruang ukuran 4×8
    Baru mau bangun bagian belakang dulu hehehe
    Dana belum seberapa..
    Thanks before

  • Biaya tukang 8×4 ,,16jt,.,,,untuk tukang to'.,,,tinggi bangunanx brapa???

  • Romy dl latief says:

    mau nanx ni mas kalo biaya tuk pndasi ukuran 9×13 dengan 3 kamr tidur kra kira berapa ya mas,,,?

  • Thx you infonya. Saya mau tanya klo bangun rumah kost lantai 2 tapi hanya diselesaikan 5 kamar atau 6 kamar. Diperkirakan budgetnya 480 juta itu murah atau kemahalan y? Makasi

  • mohon penjelasan berapa biaya bangun rumah dengan luas tanah 104m2 luas bangunan 90 m2 dengan kamar tidur 3 thanks sebelumnya.

  • Restu E Siswo says:

    apakah anda bth jasa ato konsultasi RAB nya biya pembvangunan rumah ato gedung,,
    email aja eddysiswa76@gmail.com.

  • Aril Ramadani says:

    saya mau bangun kontrakan 4 pintu biaya nya berapa ya perpintu nya 21 m.

  • rendi says:

    gan mohon bantauan saya baru membangun rumah satu lantai sudah selesai ngedak, sekarang mau lanjut ke lantai dua kira-kira berapa persen selisih ongkos pengerjaan lantai satu dengan lantai kedua terima kasih salam

  • adam says:

    Bapak/Ibu yang terhormat saya berencana membangun rumah dengan ukuran 11X15M+3X3M garasi (semuanya luasnya175M). Komposisinya: Kamar tidur 4. Kamar Mandi 3 (dua dikamar tidur, satu kamar mandi umum). Ruang Tamu.Ruang Belajar.Ruang keluarga. RuangMakan. Mushalla.Gudang.Garasi dan teras. Minimalis. minimal berapa dana yang harus saya persiapkan ya… Terima Kasih Infonya Bapak/Ibu.

  • Adi kwok says:

    Bangunan 7 lantai,per meter nya berapa ya ?

    Banyakan yang nanya, sedikit yang jawab

    Salam,

    Adi Kwok – 0877-8878-9019 ; 0813-1745-4768 ; 021-9347-0132

  • johanes says:

    Harga permeter bangunan tidak bisa dibulatkan begitu saja..tergantung dari spesifikasi yg diminta owner..baru bisa di kalkulasikan dengan Luas Bangunan..Jadi jangan sembarangan hitung jika dana Anda belum mencukupi

  • Suwito says:

    Saya coba bantu analisa, dengan asumsi rumah kualitas medium. Lantai 2 dg luas 38m2 diperkiranakan habis 2,5jt/m2 = 95jt. Lantai bawah untuk beton kolom suntik, penggantian/perbaikan plafon, lantai, dinding,cat ulang,dll yang perlu diganti atau diperbaiki akibat renovasi (yg susah dihindari) saya taksir akan habis 1jt/m2. Saya pernah mengalami hal yg sama, biaya renovasi kalo bengkak bisa 2 kali dari perkiraan awal. Makanya setelah itu saya pikir ulang setiap mau renovasi, mendingan dijual dan dibelikan rumah lain. Demikian, semoga membantu. tks.

  • Suwito says:

    Maaf, informasinya kurang, nampaknya perlu disampaikan berapa luas total bangunan dan kelas bangunan. Sederhana, medium, atau mewah? Untuk Jakarta dg uang segitu baru bisa bangun 2 lantai seluas sekitar 120 m2 – 160 m2 (kualitas medium). Luas segitu baru dapat 6 bh kamar ukuran 3x4m dan 2 Km ukuran 1,5x2m. sisanya untuk ruangan lain. Rasanya kok mendekati wajar ya !

  • Suwito says:

    Untuk kelas sederhana, gak banyak detil yang rumit dan material khusus, saya perkirakan akan habis =21x4x2jt = 168 jt. Cadangkan 10-20 persen. Kalau upah saja, borongannya sekitar 500 ribu – 600 ribu/m2. Ini untuk bangunan 1 lantai.

  • Suwito says:

    Pak Adi Kwok, Standard bangunan 7 lantai harus ada sistem keamanan bangunan, upah kerja juga lebih tinggi dari bangunan 2 lantai, peralatan lebih berat dan mahal, pondasi mesti didesign sesuai kondisi tanah dasar melalui uji boring test, jasa design dari ahli struktur, mekanikal elektrikal, dan arsitektur. Saya perkirakan saat ini Rp 8-10 jt/m2. Tambahkan 2-3 persen untuk Konsultan Design dan 2 persen untuk Pengawas. Lebih hemat jika Konsultan Design juga merangkap pengawas, akan hemat sekitar 1 persen. Ini standard kayak apartemen menengah bawah. Kalau menengah atas akan lebih mahal lagi. Demikian, semoga membantu. Salam.

  • Suwito says:

    Anggaran segitu mungkin akan dapat luasan 30 – 40 m2, kalau untuk renovasi dapatnya lebih sempit lagi karena akan diperlukan biaya perkuatan pondasi dan perbaikan lantai bawah. Semoga membantu, tks. Salam.

  • Suwito says:

    Ibu Halimah, untuk bangunan 1 lantai dengan luas 90 m2 kelas sedang, saya perkirakan akan memakan biaya 180 – 235 jt/m2. Untuk Jakarta, sederhananya di kisaran 2 – 2,5jt/m2. Itu belum termasuk biaya pagar, gambar, dan taman. Demikian, semoga membantu. Tks. Salam.

  • djoewari says:

    saya ingin renovasi luas tanah 128 m2 ,p=16,L=8 saya ingin jadikan rumah kontrakan menjadi 3 rumah minimalis.bagaimana desinnya dan biayanya.trims bos.

  • Kucluk says:

    Tanya dong, harga permeter diatas acuannya sudah termasuk bahan bangunan & jasa tukang bangunannya atau harga bahan bangunan saja ?

  • surya says:

    Mau tanya u/ bangun rumah 2 tingkat dengan uk tanah 2.5X10 kira kira brapa ya ?? Atas bawah di buat plong (ga ada tembok/kamar) hanya kamar mandi..

  • ferry says:

    salam saya mau tanya, saya punya rumah tipe 36/72 rencana saya mau buat tingkat , 1 kamar aja diatas dan dibuatkan dak tolong pencerahanya, berapa kira2 biaya yang harus saya keluarkan trimakasih, kalo ada yang yang mau bantu untuk desain boleh juga tks sebelumya
    ( lebih baik borongan atau tidak? soalnya saya tidak mengerti soal bangun rumah )

  • Ivan Krisna says:

    Mau tanya, kami berencana akan membangun rumah type 90, 1 kamar utama, dan 2 kamar biasa, satu tingkat, tetapi setengahnya pondasi buat persiapan bertingkat. Kira-kira berapa biaya yg harus saya keluarkan dari mulai pondasi hingga rumah itu selesai? oh ya tanah tapak rumah merupakan sawah. Terimakasih atas penjelasannya.

  • iyan says:

    mo tanya nih. kita mo buat lapangan futsal sederhana ukuran 20m x 15m. sebaiknya ketebalan lantainya berapa cm ya? dan berapa perbandingan bahan serta perkiraan biayanya?
    terimakasih

  • yulia thari says:

    mohon bantuannya bpk/ibu yth: saya mau bangun rumah petak yang terdiri dari satu ruang tamu,satu kamar tidur,satu dapur dan satu kamar mandi berapa besar ukuran yang baik untuk rumah tersebut? dan sekalian berapa biayanya?

  • kalisul says:

    Bpk surya mungkin bangunan yang bpk inginkan model Ruko, untuk bangunanya yang bapk maksud untuk wilayah jakarta menghabiskan biaya sekitar 150 jt belum termasuk pagar depan atau kanopi.kalau bapak berkenan bisa hubungi saya ada di jakarta timur. 08561995299 makasih

  • kalisul says:

    ibu yulia mungkin yang ibu maksud buat kontrakan ya.. untuk wilayah jakarta umumnya ukuran 4×10 atau 3×10 dengan biaya satu rumah kontrakan kisaran 60 jt an belum termasuk pasng air dan listrik. trims kalo ibu di jakarta timur saya bisa bantu hub. 08561995299 makasih.

  • MIKO says:

    Mohon bantuan Bapak Ibu: Saya berniat merenovasi rumah type 45, akan saya buat 2 lantai untuk luasan 35 m2, berapa kira kira budget yang harus disediakan? makasih

  • kukuh wahyu says:

    pak,saya membeli rumah type 36/60 tapi belum ada dapurnya.pengennya bikin dapur minimalis di belakang dg ukuran skitar 1,5 x 3 m.estimasi biaya berapa ya pak?makasih pak..

  • kukuh wahyu says:

    pak mohon bantuan utk kalkulasinya,saya beli rumah type 36/60.tapi belum ada dapur.di belakang ada lebih tanah 1,5 x 6 meter.rencananya akan saya buat dapur dg ukuran 1,5 x 3 dg model minimalis.kira2 butuh biaya brapa pak jka trmasuk kitchen set nya?trma kasih

  • riza says:

    slmt mlm . Sy sgt trtarik dgn blog anda pak. Kbetulan sy sdg berencana mencari rumah. Tapi msh mempertimbangkan apkh memutuskan beli rumah ATAU beli tanah kmd sy bangun rumah sendiri. Hanya saja stlh membaca pgalaman dr tmn2 d atas, sepertinya biaya utk membangun rumah tipe 36 sj tidaklah sedikit / > 100jt ( Sy kira dgn budget 50jt sy sdh bs bangun ). Mhn masukannya pak. Sy tgl d malang. Tanah sdh ada. Tapi dana hanya 50jt. Apakah dgn dana tsbt sy tdk mungkin membangun rumah tipe 36 ? Atas sarannya sy ucapkan trm ksh byk

  • mulyadi says:

    selamat malam ….
    saya ingin bertanya mengenai biaya pembangunan rumah sederhana dengan luas tanah 6×9 m2
    kira – kira berapa ya ??? dan kira – kira kalau saya punya biaya 80 jt cukup tidak ???dan design nya seperti apa yg cocok dengan biaya tersebut ???

    terima kasih

  • irvan vidiantoro says:

    selamat siang, p mulyadi yang saya hormati, saya berencana bangun rumah di lahan seluas 120m2, dengan ruangan sebagai berikut : ruang tamu,2 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama, 2 kamar mandi, dapur, ruang toko obat & tempat praktek pasien, carport, di atas kilinik atw toko obat lantai 2 u kamar, musholla & jemuran. saya mohon di bantu u denah bangunan rumahnya & menghitung rincian biaya yg harus dipersiapkan, saya tunggu kabar baiknya. terima kasih

  • sevi says:

    selamat siang, saya mau nanya. saya punya tanah dengan luas sekitar 90m persegi, mau membangun rumah 2,5 lantai.
    degan detail sbb: lantai 1 (garasi untuk 2 mobil,1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga), lantai 2 (3 kamar tidur, 1 kamar mandi , ruang keluarga), dan lantai 3 ( ruang sembahyang)
    kira-kira cost untuk keseluruhannya berapa ya? Terima kasih

  • Muh. Agus Susena says:

    Selamat malam,.
    Mohon bantuannya, saya memiliki sebidang tanah ukuran 49 m2, rencana mau saya bangun sebagai rumah kost berlantai 2, kamar bawah lantai 1 3 kamar, 1 im. mandi/wc, tempat cuci, dapur, r. tamu.

    Lantai atas : 4 kamar, 1 km. mandi, tempat cuci+jemuran, dapur.
    mohon bantuan untuk sketsa rumah tersebut, material yang dibutuhkan, serta perkiraan biaya yang dibutuhkan, atas bantuannya saya haturkan banyak terimakasih.

  • Muh. Agus Susena says:

    Saya punya sebidang tanah 49 m2 rcn mau bangun rumah kost minimalis, lantai 1 dengan 3 kmr tdr, r. tamu, 1 kmr mandi, cuci, dapur, apakh masih mungkin untuk car port misal dengan mengurangi 1 kmr tdr? makasih atas solusinya.

  • dede heri nugraha says:

    untuk lantai 1,2,3 ukurannya berapa keberapa? kalau misalnya bapak mau, nanti aku bangunin sesuai yang bapak inginkan harga permeternya 2,2 jt bisa nego.
    no tlp 087738061916

  • dede heri nugraha says:

    ukurannya berapa keberapa?
    nanti bisa keliatan biaya yang harus disiapkan. kalau misalnya minat hubungi dede 087738061916
    trimks

  • endy heryanto says:

    kami bisa bantu untuk membangun rumah kami biasa menerima bangun rumah / kontrakan dari 0 sampai selesai dan didukung gambar untuk bisa kami pelajari call / sms ke 081.382485128 – 087739245055

  • endy heryanto says:

    didaerah mana pak lokasi tanahnya. kami siap untuk membantu call or sms ke 081382485128-087739245055

  • endy heryanto says:

    kami siap survey lokasi dan rancang gambar untuk kondisi bangunan dan dibicarakan bersama saya berasal dari jawa timur siap mengerjakan dimana saja pak bapak bisa kontak kami di nomer 081.382.485.128

  • acan doglek says:

    assalamualaikum maaf saya butuh pemborong dengan upah kerja + barang kira kira kalau per meter nya berapa ya untuk bikin kontrakan 25 unit dengan ukuran 4×6 meter per unit mohon info juga berapa lama pengerjaan nya . terima kasih

  • Anas Buchori says:

    Wa’alaikumsalam, maaf klo boleh tahu untuk lokasi mana ya? untuk daerah tangerang dan sekitarnya bisa hub di no. 08129023418, terima kasih.

  • qwerty says:

    1 lantainya 36 m2, klau 2 lantai yah 72 m2..trus dikali 1,8jt/m2, itu untuk kualitas rumah standar, dan lantai 2 nya bukan lantai plat beton.. (papan atau multiplek mungkin).

  • Noval yasmuri says:

    Saya akan ngedak luas kira-kira 70 meter persegi . kira-kira berapa ya dananya. dan kalau diborong berapa biaya tenaga pemborongnya saja.trims.

  • yusuf says:

    assalamu’alaikum……..jika tanah ukuran 7 x 12 m, jika dibangunan 3 pintu kontrakan yg masing2 berukuran 4 x 7m tanpa ada penyekat ruangan kecuali dapur dan kamar mandi kira2 berapa anggaran yg harus siapkan? lokasinya di Jagakarsa belakang Ragunan.

  • fitri says:

    Saya mau bangun dapur untuk belakang rumah ukurannya 4 x 6 =24m2, perkiraan dananya brp ya utk kualitas yang standar? & kualitas yg bagus? Mohon infonya, terima kasih.

  • wahyu says:

    Saya mau membangun lantai 2 saja untuk rumah kost (lantai 1 sudah ada), luas 84m2. Kira2 biaya yang dikeluarakan berapa yah? Sekalian sama perinciannya. Terima kasih.

  • anton says:

    Ilmu yg sangat membantu semoga yg berbagi mandapat rezki yg berlimpah. Salam kenal saya punya tanah 7x8m rencana buat rumah 2lantai+garasi kira kira berapa biaya yg harus dikeluarkan mohon petunjuk, terimakasih sebelumnya

  • Denny says:

    Saya baru renovasi rumah lokasi di Serpong, luas tanah sekitar 75 m2 (total tanah 153m2) setengahnya saya renovasi, dengan pekerjaan sbb : 1. pasang keramik, 2. pembuatan kamar ukuran 3 x 3 m, 3. diatas kamar dibangun ruangan dengan ukuran yang sama ( 3 x 3 m) 4. plafon dibuat tinggi sekitar 7 mtr, dinding asal sekitar 3- 4 m, 5. pengecatan seluruh tembok (luas bangunan asal 122m ) 6. pembuatan dak di belakang ukuran 3 x 3 m utk pemasangan toran air. Biaya yang ditagihkan ke saya sebesar Rp 978 jt. Apakah harga ini wajar ? terima kasih sebelumnya.

  • pak sobo says:

    saya juga pingin begitu pak disini, iya ya apa cukup ya 50 juta buat rumah sederhana gak tingkat type 36 juga gak apa apa kok buat saya.

  • muhammad akib says:

    Ass. Pak saya beli rumah ukuran 10×20 mtr, dengan kamar 8 tapi ada rencana mau renovasi,saya mau jadikan 2 tingkat, lt 1, kamar tidur utama, kamar tidur anak 3, ruang keluarga, ruang tamu, surau, dapur ruang makan , lt 2 kamar pembantu, kira2 berapa dana yang diperlukan, dan saya sudah siapkan Rp 150 juta,, apakah cukup untuk itu, dan mohon penjelasannya, atas perhatian kami ucapakan terima kasih, sukses buat anda

  • Mr. Hd says:

    Tolng bantu gan, saya kpingin bangun rmh dg L: 90 m2 posisi dlantai I ad 2 kmr tdur 2 kmr mand dluar, ruang makan, dapur, ruang tamu dan ruang kluarga, T: 4 m. Dlantai II cm kamar tdur dg Luas 5 x 6 m2 + toilet, T: 4 m.
    Kira2 sya butuh dana brp y biaya unt bangunan rmh it???
    Kl unt membangun rmh minimalis (medium) brp y?
    Kl unt rmh minimalis sederhana brp?…
    Saya tinggl di sumatera selatan, daerah saya byk kl unt material…
    Tks, tolong kirm k email saya…
    Bs jg kirm k Wechat dg id (dio_nh14n)

  • Smarang says:

    Standar 600 jt
    Tergantung daerah lokasinya ma spek bangunan…..
    Dan harga material di lokasi om…Desain interior/exterior jg mempengarui harga om..

  • aulia says:

    Mau tanya kalau untuk ngecor atas untuk tambah lantai dengan luas 3X6= 18m2 & 3X3= 9m2 Total 27m2 kira2 dana nya berapa ya

  • sholie says:

    kami arsitek jasa bangun rumah, ruko, kantor di Semarang. bisa hubungi kami 085727594015
    http://www.sholiearsitek.com/

  • Heru says:

    Selamat siang, saya mau melanjutkan pembangunan rumah untuk lantai 2 dan sudah ada daknya, berapa estimasi biaya per meternya untuk melanjutkan bangunan tersebut. Terima kasih

  • andri says:

    sy mao tanya kalo mao ningkat jd 2 lantai luas LB36 LT78 yg dilantai2 mao dijadikan 3 kamar tidur,ruang keluarga,tempat jemur berapa RABnya..terima kasih

  • martam says:

    untuk wilayah JABODETABEK,BANDUNG,dan sekitar nya apa bila ada yg mau membangun RUMAH,GEDUNG,RUKO,KOST,GUDANG DLL.kami siap menjadikan impian anda.harga bisa di atur yg paling penting mutu dan kwalitas.call 081298148611/087885503975

  • martam says:

    ooh yah ada yg terlewatkan….GARANSI SY BERIKAN

  • Gandang says:

    kalo nge-duct lantai buat persiapan lt.2 . kira2 per meter 2 brapa ya dng uku. 56m2. kolom 16 bh uk. 13×40 .. trims

Komentari

*
*