Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Menghitung analisa harga bangunan

Menghitung analisa harga bangunan dapat menggunakan berbagai cara, masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat mendukung aktifitas kita dalam menghitung analisa harga satuan bangunan.

harga-batu-bata-per-buah

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk  menghitung analisa harga satuan bangunan

Analisa BOW

Analisa ini sudah mulai ditinggalkan karena adanya biaya tenaga kerja yang dihitung secara berulang yang dapat dihemat dalam pelaksanaanya.

 

Analisa SNI ( Standar Nasional Indonesia)

Analisa harga satuan stnadar nasional indonesia berisi rincian bahan dan tenaga yang akan digunakan dalam melakukan setiap item pekerjaan bangunan.

 

Harga satuan pekerjaan standar pemerintah

Menghitung harga bangunan dengan harga satuan pekerjaan dilakukan dengan cara merinci terlebih dahulu item pekerjaan yang akan dilaksankan dalam membangun sebuah bangunan, misalnya sebuah pekerjaan pondasi batu kali akan terdiri dari peekerjaan galian, pekerjaan urugan pasir, pekerjaan pasangan batu kali, pekerjaan urugan tanah kembali, masing-masing item pekerjaan tersebut kemudian dihitung besarnya volume untuk kemudian dikalikan dengan harga satuan pekerjaan yang diterbitkan oleh pemerintah maupun dokumen pribadi.

 

Standar analisa harga satuan perusahaan

Analisa harga satuan ini dibuat oleh perusahaan masing-masing baik dari hasil riset penelitian harga bangunan, pengalaman kerja yang sudah dilaksankan serta hasil coba-coba sebelumnya yang dibukukan dalam bentuk sebuah standar analisa harga bangunan perusahaan, analisa ini biasanya merupakan dokumen rahasia perusahaan seperti sebuah peralatan sebagai modal perusahaan yang membuatnya ungggul dari pesaing yang lain.

 

Pengalaman kerja menganalisa harga bangunan

Cara ini lebih cepat karena perhitungan biaya bangunan berdasarkan pengalaman yang sudah dilaksankan sebelumnya, namun tingkat ketelitianya tetap masih diragukan karena setiap bangunan mempunyai spesifikasi dan kondisi medan yang berbeda, serta tidak dapat digunakan sebagai laporan harga bangunan secara tertulis.

 

Harga per m2 bangunan

Cara ini merupakan cara yang paling cepat dalam memperkirakan harga bangunan, namun tingkat ketelitianya hanya dapat digunakan sebatas perkiraan saja, cara menghitungnya seperti ini: misalnya kita akan menghitung biaya bangunan rumah type 36 yang akan dibangun di jakarta dengan haga per m2 bangunan adalah Rp.3.000.000,00, maka harga bangunan tersebut adalah luas bangunan x harga bangunan per m2 = 36 m2 x Rp.3.000.000,00 = Rp.108.000.000,00. Demikian gambaran tentang bagaimana menghitung analisa harga satuan bangunan :-) .

  1. Atasi Sesak Karena Biaya Bangun Rumah Yang Meningkat
  2. Biaya membuat septictank batu bata
  3. Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangunan
  4. Biaya bangun rumah tipe 36
  5. Harga rumah tipe 36
  6. Biaya bangun rumah per meter persegi m2
  7. koefisien analisa harga satuan bangunan
  8. analisa harga satuan bangunan
  9. Rekap harga rumah
  10. Biaya Bangun Rumah yang Hemat
  11. Dunia Bangunan: Berhemat dengan Bangunan Hijau?
  12. Cara menghitung kebutuhan material bangunan
  13. Cara menghitung material pondasi rumah

1 Komentar

Komentari

*
*