Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah membangun rumah murah

Mempunyai rumah idaman merupakan  sesuatu hal yang menarik namun dalam membangun rumah tentu akan lebih baik jika kita melakukan berbagai penghematan yang mungkin bisa dilkukan. Berikut ini tips untuk membangun rumah idaman dengan biaya murah

 

Diskusikan dengan keluarga yang akan menempati rumah nantinya

Musyawarah tentang rumah yang akan dibangun sangat diperlukan agar rumah yang dibangun nantinya disetujui oleh semua anggota keluarga, karena beragam selera yang belum tentu sama perlu disatukan terlebih dahulu sebelum membangun rumah.

 

Urus sendiri IMB+IPPT atau gunakan biro jasa yang sudah terpercaya

Pengurusan Izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan tanah merupakan kegiatan yang cukup merepotkan karena harus melibatkan pihak-pihak yang terkait, disatu sisi mengurus sendiri IMB+IPPT dapat menjadi alternatif penghematan biaya namun juga dapat membuat biaya membengkak karena berbagai hal, dan jika menggunakan biro jasa sebaiknya menggunakan yang sudah profesional untuk menghemat waktu dan biaya.

 

Rencanakan terlebih dahulu sebelum membangun rumah

perencanaan yang matang meliputi design rumah berupa gambar kerja, perhitungan rencana anggaran biaya dengan sebaik mungkin, karena disini dapat dilihat pada bagian mana yang dapat dilakukan efisiensi biaya baik dari segi bentuk, material maupun metode kerja pelaksanaan, penuangan gagasan ke dalam bentuk gambar juga berguna untuk meminimalisir pekerjaan bongkar pasang akibat bentuk atau warna rumah yang sudah terbangun belum sesuai selera, lebih baik merubah gambarnya sebelum membangun daripada membongkar rumah yang sudah terbangun.

 

Buat rencana anggaran biaya rumah ( RAB )

Pembuatan rencana anggaran biaya rumah dimaksudkan untuk dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pembangunan, baik dari segi harga, pekerja, material, bahan, maupun waktu pelaksanaan pekerjaan.


Pilih bahan material berkualitas tinggi dengan harga murah

Material bangunan dengan kualitas tinggi dapat mengurangi pekerjaan bongkar pasang material akibat pecah, warna tidak seragam, ukuran tidak sesuai dsb. meskipun demikian tetap dicari material dengan harga yang murah untuk menghemat biaya pembangunan rumah.


Beli material di lokasi toko terdekat

Pembelian material atau bahan bangunan dilokasi terdekat dapat menghemat waktu dan biaya transportasi material, karena ada kalanya biaya angkut material kelokasi rencana rumah dibebankan kepada pembeli.


Bekerjasama dengan pihak kelurahan atau keamanan dimana rumah tersebut dibangun

Kerjasama dengan pihak kelurahan atau keamanan diperlukan untuk menghindarai hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses pembangunan rumah.

 

Jika di borongkan, gunakan kontraktor atau arsitek terpercaya yang ahli dibidangnya

penggunaan jasa kontraktor maupun arsitek yang ahli dalam hal design dan bangun rumah tentunya dapat menghemat biaya dari segi manajemen pelaksanaan, manajemen kualitas hasil pekerjaan, sehingga didapatkan biaya yang murah. selain tips diatas masih ada banyak lagi tips lainya, bagi yang hendak membangun rumah diucapkan selamat mewujudkan rumah idamanya.

  1. Borongan Tentu Saja Sangat Praktis, Garap Sendiri Biasanya Lebih Hemat
  2. Tips Bangun Rumah untuk Mempercantik Rumah
  3. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat bangun rumah
  4. Membangun rumah tahan gempa
  5. Efisiensi Energi Pada Rumah
  6. Cara Mengurus IMB Izin Mendirikan Bangunan
  7. Cara cepat bangun rumah
  8. Syarat bangunan adalah kuat Murah dan indah
  9. Kegunaan rumah tinggal
  10. Menghitung biaya bangun rumah per meter persegi
  11. Alasan membangun rumah tumbuh
  12. Meminimasi biaya bangun rumah
  13. Cara Bangun Rumah – Tahapan & Tips Bangun Rumah
  14. Keuntungan Memakai Jasa Desain Rumah Online
  15. Yuk, Berhemat dalam Finishing rumah
  16. Desain Rumah Bangunan Tahan Gempa
  17. Membangun rumah bertahap
  18. Cara mengatasi rumah bocor saat musim hujan
  19. Bangun rumah dengan budget terbatas

Komentari

*
*