Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah memasang plafond triplek yang baik

Penggunaan material triplek sebagai bahan plafond rumah mempunyai berbagai macam kelebihan maupun kekurangan yang sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya, nah.. disini mari kita coba bahas untuk menemukan cara pemasangan plafond triplek yang baik :-)

plafond triplek

Adapaun salah satu metode pemasangan plafond triplek dapat kita lakukan dengan langkah kerja sebagai berikut

  1. persiapan bahan – bahan yang akan dipakai untuk pembuatan plafond triplek seperti trplek, kayu rangka plafond, paku, cat dll.
  2. Penyiapan perlatan kerja pembuatan plafond triplek seperti benang ukur, palu, gergaji dll
  3. Pertama kali cek terlebih dahulu apakah dinding yang akan dipasang triplek sudah benar-benar rapi dan siap untuk dipasang plafond triplek, pastikan atap rumah dalam kondisi aman dari bahaya kebocoran air hujan yang dapat merusak plafond triplek nantinya.
  4. Dengan menggunakan benang dan selang air kita ukur kedataran lokasi pemasangan plafond serta penentuan batasan titil-titik yang akan dipasang rangka plafond.
  5. Selanjutnya pemasangan rangka plafond diatur sedemikian rupa sehingga benar-benar sesuai dengan ukuran triplek yang direncanakan, dengan posisi rapi dan datar tidak bergelombang.
    potongan triplek yang baik adalah simetris dalam satu ruangan serta perlu diperhatikan untuk lokasi pemasangan titik lampu sebaiknya dalam posisi ditengah ruangan atau pada titik-titik yang sudah direncanakan dengan baik sehingga plafond nantinya terlihat indah.
  6. Pemasangan triplek bisa dimulai setelah rangka plafond selesai dan benar-benar kuat.
  7. Pekerjaan compound dilakukan untuk menutup cacat kayu pada tyriplek atau pada nut jika pemasangan plafond triplek dilakukan dengan rapat tanpa celah antar sambungan.
  8. Pekerjaan pengecatan plafond dilakukan sehingga plafond triplek yang sudah terpasang terlihat rapi dan indah.

 

Demikian sekilas tentang urutan pemasangan palfond triplek, bagi yang punya tips pemasangan triplek lainya bisa ditambahkan :-)

  1. pilih plafond triplek atau plafond gypsum

Komentari

*
*
0+3= (Plus)*