Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Mari Berhemat dalam Kontruksi Bangunan

Merencanakan struktur bangunan diawali dengan berusaha menentukan beban-beban yang akan dipikul oleh suatu kontruksi bangunan, kemudian menentukan sistem pembelokan yang nantinya akan mengatur pembagian beban dan pada bagian akhir adalah menghitung dimensi struktur. Perencanaan ini tentu saja akan menghasilkan struktur bangunan yang lebih kuat serta hemat dan sesua dengan besarnya beban yang dipikul.

Menentukan Jenis Kontruksi Bangunan

Jenis kontruksi bangunan ada beberapa macam, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemakain jenis kontruksi bangunan biasanya berdasarkan pertimbangan berkaitan dengan waktu, ketersediaan dana, serta kekuatan yang dimiliki kontruksi bangunan tersebut. Jenis kontruksi bangunan dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu.

Kontruksi Beton

Cocok untuk digunakan sebagai kontruksi bangunan yang memilkul beban yang berlebih, berat dan kaku. Namun, pada kontruksi dengan bentang sepanjang lebih dari 3 meter, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dan mahal. Karena kontruksi beton sangat membutuhkan dimensi balok yang besar serta adanya beton dengan mutu kualitas tinggi. Kontruksi beton biasanya akan di pakai pada bangunan-bangunan yang membutuhkan kekuatan tinggi seperti sekolah, rumah sakit, dan perkantoran serta pertokoan.

Kontruksi Baja

Kontruksi beton dapat Anda aplikasikan pada bentang pajang dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Sedang sifat kontruksinya lebih fleksibel dan sesuai. Sebagai contoh misalnya adalah bentang yang berukuran 6 meter hanya akan memerlukan balok dengan besar 30 cm, bandingkan dengan kontruksi bangunan beton yang memerlukan tinggi balok dengan besar 60 cm. Saat ini konstruksi baja sudah menjadi favorit banyak orang, karena dianggap lebih kuat dan lebih ramah lingkungan.

Kontruksi Kayu

Akan lebih baik jika kontruksi kayu ini digunakan dengan beban yang tidak terlalu berat sehingga lebih sesuai dan efisien. Bentangan pada kontruksi bangunan kayu sebaiknya Anda sesuaikan dengan panjangnya kayu yang tersedia di pasaran yaitu sekitar 4 meter. Kontruksi bangunan jenis kayu memang sebaiknya hanya digunakan pada beberapa jenis bangunan yang tidak memiliki beban yang terlalu besar dan berat.

Tips Kontruksi Bangunan Ekonomis

Untuk mendapatkan kontruksi bangunan yang ekonomis dan hemat, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal. Misalnya untuk bangunan yang bertingkat dengan luas minimal 45 m2, maka pemakaian kontruksi beton akan lebih menghemat dibandingkan pemakaian kontruksi bangunan yang lainnya. Selain itu tentu saja ketersediaan material di lokasi bangunan tentu saja akan ikut menentukan biaya kontruksi bangunan.

Menentukan jenis konstruksi yang akan Anda bangun nantinya tentu saja akan berpengaruh dalam proses pembiayaan dan penghematan yang seharusnya dilakukan. Dengan berkonsultasi pada arsitek yang terpercaya maka Anda akan mendapatkan penjelasan yang gamblang dan jelas. Arsitek akan membantu Anda dalam menentukan jenis konstruksi bangunan yang Anda perlukan dalam struktur bangunan rumah Anda.

  1. Atasi Sesak Karena Biaya Bangun Rumah Yang Meningkat
  2. menghitung anggaran biaya rumah
  3. Jasa Bangun rumah
  4. rencana anggaran biaya rumah
  5. Rekapitulasi anggaran biaya rumah

1 Komentar

  • atap spandeck says:

    numpang share gan,,,,

    Kami Toko Atap Galvalume Spandeck dan Trimdeck,,,,,,,saatnya anda mendapatkan bahan bangunan atap dengan kwalitas yang terjamin dan bermutu,,,,, hanya ada di kami KARUNIA STEEL. Untuk info lanjut silahkan hubungi 0361-7470700 atau buka website kami di http://www.atapgalvalume.com

    thanks,,,,

    [Reply]

Komentari

*
*
1+8= (Plus)*