Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Jenis pondasi untuk rumah 2 lantai

Membangun rumah kuat perlu didukung oleh pondasi yang bagus sehingga dapat bertugas secara baik sebagai penahan beban bangunan diatasnya, kesalahan dalam memilih jenis dan ukuran pondasi akan berakibat fatal dimulai dari hal kecil seperti dinding rumah retak sampai bahaya besar yaitu keruntuhan bangunan yang bisa jadi memakan korban nyawa. oleh karena itu perlu ketepatan dalam memilih pondasi. selain itu ada aspek lain yang perlu diperhatikan yaitu penghematan biaya bangun rumah, bisa jadi ukuran pondasi yang kita pilih sudah sangat kuat menahan beban bangunan namun adakalanya setelah diteliti ternyata ukuran tersebut terlalu berlebihan sehingga menimbulkan biaya yang seharusnya dapat dihemat. disini kita uraikan jenis pondasi yang cocok untuk rumah 2 lantai.

 

Hal-hal yang mempengaruhi pemilihan pondasi rumah 2 lantai

  1. Jenis tanah dan kepadatanya, pada tanah keras akan membutuhkan pondasi dengan ukuran kecil sedangkan untuk tanah lunak perlu dipilih jenis pondasi yang aman seperti cakar ayam.
  2. Bentuk arsitektur rumah, bentuk bangunan yang aneh-aneh bisa jadi menggunakan material berat sehingga total beban bangunan menjadi tinggi, oleh karena itu perlu ditentukan jenis dan ukuran pondasi yang sanggup menopangnya.
  3. Rencana masa ketahanan rumah, jika bangunan direncanakan akan berdiri selama sekian ratus tahun maka pondasinya juga harus awet seperti tidak mengalami keropos, lapuk dan sejenisnya. sedangkan untuk rumah dengan rencana jangka waktu pakai pendek juga akan terlalu boros jika menggunakan pondasi yang bagus.
  4. Dan berbagai kondisi lainya yang mempengaruhi dalam hal pemilihan jenis dan ukuran pondasi.

 

Jenis pondasi untuk rumah lantai 2

Bermacam tipe pondasi dapat dipilih menyesuikan kebutuhan, berikut ini beberapa alternatif pilihan yang dapat diaplikasikan dalam mendukung kokohnya rumah 2 lantai.

  • Pondasi batu kali
  • Pondasi foot plat
  • Gabungan pondasi batu kali dan foot plat pada titik kolom struktur utama.
  • Pondasi cakar ayam.
  • Pondasi plat menerus.
  • Pondasi bor pile yang dihubungkan dengan pile cap.

 

Contoh gambar pondasi rumah 1 lantai

pondasi

Gambar tersebut dapat digunakan pada struktur rumah 1 lantai, sedangkan pada rumah 2 lantai bisa ditambahkan foot plat dengan dimensi minimal 1 m x 1 m tebal 20 cm, pondasi foot plat diletakan pada titik-titik kolom utama, pondasi foot plat ini sering salah dalam hal penyebutan oleh tukang bangunan dengan memahaminya sebagai jenis cakar ayam. selamat mewujdukan rumah 2 lantai yang kokoh, indah, murah dan nyaman :-)

  1. pondasi rumah terbaik
  2. Cara menghitung material pondasi rumah
  3. Pekerjaan tanah
  4. Menghitung biaya pondasi rumah
  5. pondasi rumah tinggal bertingkat 2 lantai

4 Komentar

  • David Maradjuda says:

    Mo nanya nih Mas, klo Pondasi utk struktur rumah lantai 2, bagusnya pakai cakar ayam ya? Ada gak, contoh gambar bentuk pondasi cakar ayam ma perhitungannya? Terima Kasih sebelumnya.

  • dodi arif priambodo says:

    mau tany mas….. kolom untuk rumh tinggl lntai i 2 ukurannya kolom sebaiknya berapa -berapa mas?

  • Toton S says:

    Mohon informasi. jika saya akan membuat rumah menjadi 2 lantai sedang kan saya ragu dengan konstruksi rumah dasarnya. Apakah pondasi cakar ayam bisa disuntikkan dengan pondasi awal dan bagaimana caranya? terima kasih

  • teguh satria says:

    kebetulan juragan ane penyedia jasa Bor Pile ,bagi yang membutuhkan bisa mengunjungi blog ane

Komentari

*
*