Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Eksotiknya Desain Rumah Bambu

Setiap orang pasti mengenal bambu. Termasuk pula Anda, bukan? Bambu merupakan salah satu material yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Oleh karena itu bambu sering digunakan sebagai bahan pembuat ornamen. Sifatnya yang kuat, elastis, dan tidak mudah patah, menjadikan bambu sangat cocok dijadikan sebagai material utama bangunan. Salah satunya sebagai bahan baku mendirikan rumah. Mungkin Anda masih tidak percaya, bambu yang selama ini hanya digunakan utama membuat saung, kandang ayam, ataupun gubuk ternyata bambu juga layak dijadikan sebagai bahan utama membuat rumah.

desain rumah bambu

Rumah Bambu : elhomedesign.blogspot.com

Desain rumah yang menggunakan bambu sebagai bahan utamanya memiliki sejumlah keuntungan. Di antaranya adalah sifatnya yang sangat elastis sehingga bambu tidak mudah patah dan tahan terhadap guncangan yang tinggi. Rumah yang terbuat dari bambu tidak akan mudah roboh bila terkena gempa. Dari segi kekuatannya, Anda pun tidak perlu ragu. Bambu bisa bertahan hingga 20 tahun bila dirawat dengan benar serta tahan terhadap perubahan cuaca. Oleh karena itu diperlukan keahlian khusus agar mengetahui kapan waktu penebangannya, proses pengawetan, pemilihan waktu yang tepat untuk mulai digunakan mendirikan rumah, konstruksi bangunan serta peletakannya.

 

Desain rumah bambu juga mampu menciptakan suasana yang sejuk bagi para penghuninya di tengah teriknya siang hari. Sebab bambu mampu menyimpan dinginnya udara malam lalu melepaskannya ketika terkena hawa panas siang hari. Begitu pula sebaliknya saat malam datang, desain rumah bambu mampu memberikan kehangatan karena bambu mampu menyimpan panasnya udara siang dan melepaskannya ketika terpapar hawa dingin pada malam hari. Tidak hanya itu saja, desain rumah bambu sangat khas mencerminkan arsitektur rumah tropis yang sangat eksotis.

 

Konsep rumah bambu juga turut menyukseskan program go green karena bambu merupakan material yang ramah lingkungan. Bahkan bambu diprediksi sebagai material pengganti kayu pada masa depan. Hal ini seiring dengan laju kerusakan hutan tropis yang makin tak terbendung. Terlebih lagi, bambu memiliki waktu panen yang relatif singkat. Dalam waktu satu tahun, bambu bisa dipanen hingga tiga kali.

  1. Tips Memilih Arsitek Terbaik
  2. Tips Dekorasi Rumah
  3. Perbandingan arah hadap rumah timur selatan barat utara
  4. Manfaat Desain Rumah Online
  5. Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Menarik
  6. Sejuk dan Sehatnya Kamar Tidur Tanpa AC
  7. Desain Rumah Minimalis yang Asri
  8. Tips Berhemat dalam Desain Rumah
  9. Design Rumah Minimalis: Design Simple nan Cantik
  10. Desain Rumah Mediterania Makin Diminati
  11. Tips Mengoptimalkan Tempat Penyimpanan
  12. Desain tampak toko sesuai dengan barang yang dijual
  13. Teras depan rumah minimalis
  14. Desain Rumah Kebun untuk Kesehatan
  15. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat bangun rumah
  16. Gambar Rumah Minimalis & Tips
  17. Tutorial membuat desain rumah dengan autocad
  18. Desain Rumah Modern Kontemporer
  19. Tips Desain Rumah Tipe 21