Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Design Rumah Minimalis: Design Simple nan Cantik

Design rumah minimalis masih menjadi salah satu desain rumah yang digemari masyarakat Indonesia. Design ini dirasa cocok dan praktis untuk mewakili gaya hidup modern, terutama bagi masyarakat di kota-kota besar. Di Jakarta, misalnya.  Di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini, banyak arsitek dan jasa desain rumah yang ternyata masih kebanjiran order untuk membuat gambar rumah bergaya minimalis dari para klien mereka. Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat pada design rumah minimalis ternyata masih cukup tinggi. Ada banyak alasan kenapa masyarakat lebih memeilih design rumah minimalis daripada gaya arsitektur lain. Hanya saja, secara umum masyarakat menganggap bahwa model rumah dengan gaya minimalis dapat membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari dana pembangunan yang mungkin minimal. Meski begitu, rumah dengan gaya minimalis tidak selalu dibangun dengan budget minimalis. Beberapa diantaranya justru menggunakan budget yang maksimalis demi memperkuat kesan minimalis tersebut.

 

Rumah dengan gaya arsitektur ini biasanya mudah dikenali dengan adanya beberapa ciri khas dari design rumah minimalis.  Biasanya, rumah tinggal dengan gaya arsitektur ini tampil tanpa terlalu banyak ornamen. Sehingga, bentuk bangunan, penataan, bahkan denah rumah akan terlihat lebih simpel dan jujur. Selain itu, biasanya desain ini mengekspos bahan material yang digunakan, sehingga terkesan apa adanya dan tidak berlebihan. Design rumah minimalis sendiri sebenarnya muncul sebagain protes terhadap masyarakat kurang bisa menghargai sumber daya alam. Gaya ini muncul sebagai tanggapan atau reaksi masyarakat pada kalangan yang terlalu “habis-habisan” dalam mengeksploitasi hal-hal yang tidak perlu. Memang, exploitasi ini mungkin menghasilkan rumah dengan tampilan megah, elegan, atau mungkin mewah. Namun, sebagian besar eksploitasi itu justru digunakan untuk memperkuat bagian-bagian yang tidak terlalu diperlukan, seperti memperbanyak ornamen, memperkuat detail, dan sebagainya.

 

Sebaliknya, design rumah minimalis lebih merujuk pada konsep kembali ke kesederhanaan. Konsep ini berusaha menunjukkan bahwa tanpa adanya eksploitasi pun, sebuah rumah tinggal tetap dapat terlihat cantik tanpa mengesampingkan kepraktisan dan kenyamanan. Selain itu, kepraktisan desain minimalis juga dianggap cocok dengan gaya hidup modern yang menuntut semuanya menjadi serba praktis. Bagaimana? Anda tertarik?

  1. Cara Mudah Membuat Desain Rumah
  2. Desain Rumah Mediterania Makin Diminati
  3. Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan
  4. Desain Rumah Berbasis Customized Home Building
  5. Sejuk dan Sehatnya Kamar Tidur Tanpa AC
  6. Gambar desain rumah tipe 36
  7. Tips Desain Interior Rumah Klasik
  8. Tips Membuat Design Rumah Sederhana
  9. Desain Ruang kerja
  10. Contoh Desain Kamar Pengantin
  11. Tips Memilih Desain Rumah yang Sesuai
  12. Jenis Trend Rumah Terkini
  13. Tips Mendesain Rumah Tropis Minimalis
  14. Design rumah indah
  15. Desain Rumah Murah Dengan Gaya Artistik
  16. Manfaat Jasa Desain Rumah
  17. Tips Mempercantik Pelataran Rumah
  18. Design Rumah Digital untuk Konsep Rumah Masa Depan
  19. Rumah Tradisional Indonesia

Komentari

*
*

Current ye@r *