Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Desain Rumah Mungil Berkesan Luas

Dengan kesatuan visual yang cantik. Desain rumah mungil dapat kita sulap menjadi lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Problem

Jika Anda berencana atau memilik rumah mungil sebagai contoh rumah tipe 36A, tentu Anda memiliki problem bagaimana agar ruang- ruang dalam rumah mungil ini berkesan luas dan lapang. Apalagi kebutuhan ruangnya juga banyak. Namun, pemisahan fungsi berdasarkan ruang justru akan mempersempit. Bagaimana?

garansi desain rumah online

Solusi  : Kesatuan Kesan Visual

Konsep sederhana yang akan diangkat adalah dengan sedapat mungkin mengolah semua elemen interior yang ada dan menggabungkannya dalam sebuah kesatuan visual yang cantik.

Menyatukan kesan visual pada dasarnya adalah upaya untuk menghubungkan ruang dengan elemen interior agar tidak terkesan terkotak- kotak karena perbedaan fungsi.  Kesatuan visual antar ruang ini diharapkan mampu memberikan kesan interior ruang secara keseluruhan tampak luas dari ukuran sebenarnya.

Empat Langkah Menggabungkan Kesan Visual

  1. Gabungkan kesan visual dari beberapa fungsi ruang yang ada. Misalnya ruang tamu sekaligus ruang keluarga atau ruang makan menyatu dengan dapur.
  2. Manfaatkan sebanyak mungkin elemen interior yang menyatukan kesan visual dari beberapa fungsi ruang. Contohnya, lantai, dinding, dan plafon dapat Anda buat dalam satu warna atau warna- warna yang saling mendekati. Pilihlah warna netral, cerah, dan ringan seperti warna putih, krem, atau abu- abu muda.
  3. Beri penguat kesan visual yang menyatu melalui elemen interior. Gunakan jenis kayu, tekstur,  warna,  yang sama pada furnitur, kusen, daun pintu, dan lain- lain. Misalnya samakan kain pelapis jok sofa dengan jok kursi makan.

Melapangkan Ruang Tamu

Memberi kesan luas dan lapang pada ruang tamu pada rumah mungil merupakan tantangan tersendiri. Bagaimana agar tamu tidak merasa duduk di ruang yang sesak dan merasa nyaman?

Sofa adalah tempat duduk yang lazim kita gunakan dalam ruang tamu. Namun pemilihan sofa berbalut kain justru dapat menghabiskan ruang. Ha ini dapat Anda hindari dengan menggunakan jenis kain berwarna cerah, mendekati dinding dan lantai.

Tidak perlu Anda menambahkan karpet, kecuali jika warna dan corak karpet senada dengan sofa dan lantai. Tambahkan elemen estetis lain secukupnya, seperti meja tamu kaca, dan meja samping dengan desain yang simpel. Sebagai elemen penghidup suasana tambahkan aksen dengan menampilkan sebuah lukisan berukuran besar sebagai aksen.

Bersih dan Inspiratif

Gagasan paling sederhana untuk ruang makan mungil adalah dengan menampilkan suasana yang bersih dan inspiratif. Lampu meja ditata agak rendah, mendekat dengan aktivitas di meja makan dan fokus pada aktivitas yang kuat. Kalau Anda menginginkan suasana yang lebih aktif, maka warna biru pada dinding dapat Anda ganti dengan warna orange atau warna kuning.

  1. Desain Rumah Murah Dengan Gaya Artistik
  2. Ciri ciri rumah sehat
  3. Syarat pemasangan keramik yang baik
  4. Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien
  5. Download Desain Rumah: Murah, Aman, dan Modern
  6. Cermat Memilih Warna Cat Untuk Desain Rumah Minimalis Modern
  7. Menghemat Ruang pada Denah Rumah Minimalis
  8. Desain Rumah Simpel Ala Pasangan Muda
  9. Desain Rumah Kayu: Rumah Ramah Lingkungan
  10. Memilih Warna yang Tepat untuk Desain Interior Rumah
  11. Menghadirkan Nuansa Villa ke Rumah Anda
  12. design rumah 2 lantai
  13. Design Rumah Minimalis: Design Simple nan Cantik
  14. Desain Rumah Minimalis yang Sehat
  15. Percantik Rumah dengan Lampu Hiasan
  16. Desain Teras Rumah Klasik
  17. Tips Dekorasi Rumah
  18. Rumah Hantu Indonesia
  19. Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Menarik