Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Desain Rumah Minimalis yang Sehat

Keterbatasan lahan membuat sebagian besar orang menyiasatinya dengan menerapkan konsep desain rumah minimalis. Karena luas bangunan sangat terbatas, akibatnya ukuran ruangan pun  menyesuaikan. Tak jarang hal ini menimbulkan kesan sempit bahkan terlihat suram karena tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Demikian pula ketika sirkulasi udara tidak berjalan secara optimal. Rumah tinggal terlihat gelap dan terasa pengap. Akhirnya, pemilik rumah pun dituntut untuk sering menyalakan lampu pada siang hari serta menghidupkan AC terus menerus. Rumah yang seperti ini jelas tidak mampu memberikan kenyamanan karena tidak mampu memenuhi standar kesehatan. Selain itu juga boros penggunaan listrik. Bila Anda memiliki rumah tinggal yang menerapkan konsep desain minimalis, jangan terburu-buru pesimis. Desain rumah minimalis masih bisa memberikan kenyamanan sekaligus rumah tinggal yang sehat bagi Anda dan keluarga.

rumah minimalis

Rumah minimalis: rajafurniture.indoprofile.com

Untuk mewujudkan desain rumah minimalis yang sehat, perhatikan sejumlah hal penting berikut ini:

Pertama, pencahayaan. Buatlah jendela dengan bukaan besar serta ukuran atap yang tinggi. Dengan cara ini sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah sehingga mampu mengurangi tingkat kelembaban. Selain itu, rumah pun terasa lebih luas dan lapang.

Kedua, taman. Keberadaan area hijau di dalam rumah bisa menjadikannya sebagai paru-paru rumah sehingga sirkulasi udara bisa berjalan dengan optimal. Taman tersebut tidak harus berukuran besar. Untuk penempatannya, taman bisa diletakkan di antara ruangan yang tidak memiliki akses langsung dengan bagian luar rumah. Sebaiknya Anda usahakan agar taman tersebut tidak beratap. Namun jika Anda khawatir saat hujan turun, tidak ada salahnya Anda menggunakan atap yang terbuat dari fiber. Pastikan ada ventilasi di dalamnya. Dengan demikian, taman bisa menjadi sumber udara alami sekaligus sumber cahaya bagi rumah Anda.

Sebaiknya Anda menanami sedikit tanaman pada taman tersebut. Tanaman tidak harus didominasi warna hijau. Sebagai gantinya, Anda bisa menonjolkan aksesoris taman berupa  batu-batuan ataupun kolam kecil di dalamnya. Pastikan pula ruangan di sekitar taman memiliki pintu, jendela, ataupun ventilasi yang memiliki bukaan besar. Ada baiknya pintu dan jendela itu terbuat dari kaca sehingga bisa memaksimalkan pencahayaan.

  1. Design Rumah Minimalis: Design Simple nan Cantik
  2. Tips Desain Rumah dengan Anggaran yang Terbatas
  3. Furnitur dan Aksesoris Untuk Desain Rumah Jepang
  4. Contoh Desain Rumah Idaman
  5. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat bangun rumah
  6. konsultasi desain rumah online
  7. Rumah Nyaman dan Segar Tanpa Harus Memasang AC
  8. Ciri ciri desain rumah islami
  9. Tips Mengoptimalkan Tempat Penyimpanan
  10. Desain Rumah Biaya Ekonomis
  11. Memaksimalkan Fungsi Ruang pada Rumah Sederhana
  12. contoh desain rumah minimalis 2 lantai
  13. Desain Rumah Kebun untuk Kesehatan
  14. Desain Rumah Elegan dengan Batu Alam
  15. Tips Menyiasati Desain Taman Rumah Mini
  16. Download desain rumah gratis
  17. Gambar Rumah Minimalis & Tips
  18. Keuntungan Memakai Jasa Desain Rumah Online
  19. Ciri ciri rumah aman

1 Komentar

  • Ade says:

    Saya ada tanah dgn ukuran 15×10. Tanahnya melebar. Gimana bagusnya bentuk desain rumah minimalis yg sehat. Dmn ada ruang praktik dokter.

Komentari

*
*