Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Desain Rumah Islami

Saat mengatakan rumah yang Islami maka sebagian besar orang akan mengatakan bahwa desain rumah Islami adalah bernuansa Islam secara dekoratif semata :-) , tidak mengacu pada desain ataupun denah rumah. Elemen-elemen dekoratif itu bisa berupa gambar, foto, lukisan, mekah, masjid Nabawi atau ikon islam lainnya. Padahal Islam juga memiliki desain arsitektur sendiri yang tentunya sesuai dengan Al Quran dan Hadist Rasulullah SAW. Bangunan arsitektur tersebut harus sesuai dengan nilai-nilai Islam, antara lain

 

Desain Rumah Islami

  1. Pertama, bangunan didirikan tidak ada didalamnya unsur syirik dalam pembuatannya, desain rumah dan ornamen di dalamnya (termasuk didalamnya penggunaan patung). Oleh karena itu, hiasan dan ornamen interior dalam desain rumah Islami banyak menggunakan motif tumbuhan, kaligrafi dan geometri.
  2. Kedua,  memakai struktur matematika dalam Al Qu’ran yang menghubungkan intelektual dan spiritual Islam yang menggunakan simbol-simbol numerik dari huruf dan kata. Oleh karena itu, desain rumah Islami dan seni arsitektur Islam berkembang dalam konsep geometri, astronomi dan metafisik.
  3. Ketiga, konsep desain rumah yang berbasis geometri murni sehingga bangunan memiliki “badan” yang didesain dengan konsep geometri. Adapun jiwanya dapat didesain dengan memodifikasi pencahayaan, ventilasi, landskap, warna, tekstur, dan interior dan eksterior.
  4. Keempat, mengaplikasikan konsep surga di bumi yang diterjemahkan dalam konsep taman di rumah. Kelima, konsep cahaya sebagai simbol spiritualitas. Arsitektur Islam dan desain rumah Islami mendesain pencahayaan, bayang-bayang, panas dan dingin dari angin, air beserta efek pendinginnya, dan tanah.

 

Untuk selanjutnya konsep-konsep tersebut dapat diwujudkan melalui desain dalam denah rumah keseluruhan.  Desain rumah hendaknya tidak ditujukan untuk menunjukkan status sosial seseorang namun tetap indah tanpa jadi berlebihan. Ramah terhadap lingkungan dan hubungan bertetangga baik dengan membuat dinding atau pagar yang tidak terlalu tinggi. Lalu untuk menjaga privasi, pintu utama dan teras usahakan tidak diletakkan secara tegak lurus dengan ruang tamu, sebaiknya disamping rumah. Hal ini dimaksudkan agar ketika tuan rumah membuka pintu, seorang tamu tidak langsung melihat isi rumah melainkan hanya sebagian kecil saja. Kemudian yang paling penting dalam desain rumah Islami adalah letak toilet sebaiknya tidak menghadap kiblat, usahakan menghadap utara atau selatan. selamat mewujudkan desain rumah islami :-)

  1. Tips Desain Rumah Tinggal yang Sejuk Alami
  2. Sejuk dan Sehatnya Kamar Tidur Tanpa AC
  3. Tips Desain Teras Rumah
  4. Cara cari rumah desain bagus
  5. Aplikasi Desain Rumah Jepang Pada Rumah Hunian Anda
  6. Mendesain Gazebo Taman Asri dan Cantik
  7. Teras depan rumah minimalis
  8. Desain rumah terbaik di Indonesia
  9. Beberapa Tips Design Rumah
  10. Desain Ulang Rumah Sesuai Keinginan Anda
  11. Tips Desain Rumah Murah
  12. Mencari Desain Rumah Modern Secara Online
  13. Keuntungan Menggunakan Jasa Desain Rumah
  14. Download Desain Rumah Hemat Energy
  15. Tips Menjadikan Desain Rumah Lebih Green (Ramah Lingkungan)
  16. Arti skala 1 : 100 pada gambar desain bangunan
  17. Bunga sebagai Design Rumah
  18. Tips Desain Kamar Kos Minimalis
  19. Menyiapkan data desain rumah online

1 Komentar

  • Sayang sekali artikel desain rumah islami tidak dilengkapi contoh gambarnya, lebih menonjolkan iklan yang tidak relevan dengan judul posting. Kalau yang dipasang iklan google adsense biasanya relevan dengan judul artikel, sehingga peluang dikliknya tinggi.

    [Reply]

Komentari

*
*