Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Desain Rumah Bergaya Oriental

Diantara keberagaman desain rumah saat ini, ternyata rumah gaya Oriental masih menjadi favorit sebagian kalangan. Desain ini bahkan tidak hanya diaplikasikan untuk rumah tinggal saja. Beberapa kantor dan commercial public spaces seperti restoran, hotel, atau kafe juga banyak yang mengaplikasikan desain ini pada desain interior dan eksterior bangunan mereka. Beberapa ciri khas dan keunikan rumah gaya Oriental mungkin dapat dijadikan inspirasi dalam mempercantik rumah tinggal Anda. Desain rumah gaya Oriental sebenarnya adalah hasil perkembangan budaya Timur, seperti misalnya Jepang, Cina, Korea, ssampai ke beberapa negara Timur lainnya seperti Vietnam sampai Persia. Hanya saja, arsitektur Cina dan Jepang menjadi yang paling populer karena pengaruh kejayaan Kekaisaran mereka.

 

Konsep Oriental dapat diaplikasikan baik pada desain interior maupun eksterior. Rumah gaya Oriental biasanya menggunakan detail-detail bangunan yang mirip dengan arsitektur aslinya, seperti misalnya bentuk atap, unsur dinding, gerbang, ataupun struktur denah ruangan. Selain itu, ada juga furniture dan pernak pernik ruangan yang diadaptasi sama persis maupun dengan sedikit penyesuaian dengan budaya Indonesia. Bahkan, rumah gaya Oriental juga dapat diaplikasikan pada rumah atau bangunan lain yang bergaya modern. Selain itu, desain interior juga dapat memberi kesan rumah gaya Oriental. Misalnya, pemilihan furniture dan aksesoris interior dari kayu untuk desain interior bergaya Jepang. Arsitektur Jepang cenderung mengusung konsep natural atau dekat dengan alam. Karena itu, aksesoris dengan unsur alam seperti batu, kayu, atau bambu sangat sering dipakai sebagai ornamen pada interior rumah gaya Jepang.

 

Beberapa aksesoris simple tapi sangat bernuansa Oriental juga banyak tersedia. Ada dapat memajang kaligrafi Cina atau shoudo (kaligrafi huruf Kanji Jepang). Dalam ruangan. Sumpit, lampion Cina, lampu shoji Jepang, atau sekat ruangan berpola Oriental juga sering menjadi pilihan untuk menyulap rumah modern menjadi rumah gaya Oriental. Tambahan aksen warna putih, hitem, emas, atau merah akan memperkental desain oriental pada rumah anda. Untuk menambah kesan hijau, inner garden (taman dalam ruangan) juga dapat menjadi alternatif untuk menciptakan rumah gaya Oriental. Hanya saja, dalam perawatannya, inner garden memerlukan ketelatenan yang lebih. Jangan memaksakan membangun taman ini jika tidak ada cukup waktu untuk merawatnya. Salah-salah, inner garden ini justru membuat ruangan anda terlihat lebih sumpek dan berantakan.

  1. perencanaan desain rumah
  2. Tips Desain Kamar Anak
  3. Cara Mudah Membuat Desain Rumah
  4. Rumah Type 36 Modern Minimalis
  5. Rumah Tradisional Indonesia
  6. Syarat Rumah Sehat : Syarat rumah yang baik
  7. Rumah idaman yang indah tidak harus mahal
  8. Memaksimalkan Fungsi Ruang pada Rumah Sederhana
  9. Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil
  10. Tips Desain Rumah Tinggal yang Sejuk Alami
  11. Desain Rumah Otomatis: Gaya Masa Depan
  12. konsultasi desain rumah online
  13. Tips Mendesain Ruangan Multifungsi
  14. Beberapa Tips Design Rumah
  15. desain rumah type 21 menjadi 2 lantai
  16. Tips Memilih Arsitek Terbaik
  17. konsultasi design rumah online
  18. Tutorial membuat desain rumah dengan autocad
  19. Ciri ciri rumah sehat

1 Komentar

  • lukisan modern says:

    makasih gan, infonya bermanfaat sekali tapi kalau boleh saran tambahi dong gan gambarnya… :)

Komentari

*
*