Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Ciri ciri rumah sehat

Bagaimanakah sebenarnya ciri ciri rumah sehat dan baik? disini kita uraikan secara detail sehingga selain mempunyai rumah indah dan nyaman juga terpenuhi syarat yang dapat mendukung kesehatan keluarga. bagaimana jadinya jika kita menempati sebuah rumah yang sangat indah dan unik namun sering mengalami sakit-sakitan, situasi ini tentu menjadikan kita tidak dapat menikmati keindahan rumah. oleh karena itu membangun rumah sehat merupakan sebuah pedoman penting dalam mewujudkan hunian idaman keluarga.

 

Ciri-ciri rumah sehat

  1. Menempatkan jendela dengan baik sehingga setiap ruangan mempunyai sirkulasi udara maupun cahaya yang cukup, udara segar dan bersih sangat diperlukan didalam rumah, selain itu ruangan yang terlalu gelap dan pengap juga memberikan peluang besar untuk berkembang biak bagi bakteri yang membahayakan kesehatan keluarga.
  2. Apabila tidak memungkinkan untuk meletakan jendela pada dinding maka perlu dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap ada lobang ventilasi, misalnya dengan cara mengatur perletakan denah rumah atau dengan menambahkan lobang sepoi-sepoi pada atap.
  3. Membuat Green House ( rumah hijau ramah lingkungan ) misalnya dengan berprinsip bahwa pada siang hari tidak perlu menyalakan listrik, caranya dengan mengatur tempat masuk cahaya serta perletakan tanaman untuk menghiasi halaman.
  4. Jenis hewan peliharaan tertentu yang membahayakan kesehatan perlu dibuatkan tempat tersendiri diluar rumah.
  5. Memilih jenis material bangunan yang tidak banyak mengandung bahan berbahaya, contohnya menghuni rumah kayu atau bambu alami tanpa cat tentu lebih sehat jika dibanding rumah tembok dengan aneka cat yang belum memenuhi standar aman untuk sehat.
  6. Tips rumah sehat berikutnya yaitu mengatur perletakan sumber air, apabila menggunakan air bawah tanah maka harus mencari sumber sejauh mungkin dengan posisi septic tank.
  7. Pemipaan sanitasi air bersih maupun air kotor diatur sedemikian rupa sehingga tidak tersumbat atau terjadi kotor didalam pipa khususnya untuk arus air bersih.
  8. Memberikan jendela atau lobang asap pada dapur sehingga asap tidak mengendap didalam rumah.
  9. Tempat sampah diletakan pada posisi bagus, tertutup dan kedap air serta tidak mengganggu aktifitas didalam rumah entah itu dari segi bau maupun pemandangan yang tidak sedap.
  10. Kebiasaan hidup sehat juga sangat mempengaruhi dalam menunjang kesehatan seperti segera mencuci piring setelah dipakai serta menyapu atau mengepel lantai secara berkala.
  11. Letak rumah juga sangat mempengaruhi kesehatan keluarga. contohnya rumah yang menghadap timur akan sering mendapatkan sinar matahari pagi dengan kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh.
  12. Adanya fasilitas kesehatan didekat rumah seperti rumah sakit,puskesmas atau bidan sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan maka bisa segera sampai ke klinik untuk mendapatkan pengobatan yang baik.

 

Begitulah beberapa ciri-ciri rumah sehat yang dapat diaplikasikan dalam membangun rumah sehingga dapat terwujud griya idaman keluarga, selamat merencanakan dan membangun rumah :-)

  1. Desain Rumah Minimalis
  2. Download Desain Rumah: Murah, Aman, dan Modern
  3. Desain Rumah Minimalis yang Sehat
  4. design rumah 2 lantai
  5. Keuntungan Menggunakan Desain Rumah Online
  6. Cara menghemat listrik di rumah
  7. Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan
  8. Manfaat Desain Rumah Online
  9. Desain tampak toko sesuai dengan barang yang dijual
  10. Tips Desain Rumah Murah
  11. Biaya desain rumah per m2 bangunan
  12. Tips Membuat Design Rumah Sederhana
  13. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat bangun rumah
  14. Eksotiknya Desain Rumah Bambu
  15. Mendesain Gazebo Taman Asri dan Cantik
  16. Teras depan rumah minimalis
  17. Desain Bangunan Rumah Kantor Modern
  18. Mulai Membangun Rumah dengan Sofware Desain Rumah
  19. Tips Memilih Arsitek Terbaik

Komentari

*
*