Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Cara pemasangan rangka atap baja ringan

Cara pemasangan rangka atap baja ringan yang baik adalah dimulai dari perencanaannya, karena pelaksanaan yang baik tanpa dilakukan perencanaan struktur baja ringan yang benar bisa jadi menyebabkan kerobohan akibat pemelihan bentuk dan ukuran profil baja yang dibawah batas minimal kebutuhan untuk menahan beban bangunan yang mempengaruhi rangka atap tersebut. Untuk memudahkan perhitungan dapat digunakan software atap baja ringan yang sudah dapat dipastikan benar dan dapat digunakan untuk merencanakan rangka atap, atau bagi yang ahli dalam teknik sipil khususnyab ilmu bahan baja ringan dapat membuat software sendiri dan dibagi-bagikan apabila sedang baik hati :-) yang diantaranya sudah pernah ada yang berbagi di blog teknik sipil dan arsitektur ilmusipil.com dengan judul artikel software atap baja ringan.

 

Pemasangan rangka atap baja ringan harus dilakukan oleh tukang bangunan yang benar-benar ahli untuk melaksanakan pekerjaan ini sehingga didapatkan kulaitas pekerjaan yang baik dan kuat, pengecekan sambungan harus selalu dilakukan untuk memastika seluruh bagian atap dapat berdiri dengan kokoh. pemasangan penutup atap dapat dilakukan setelah seluruh bagian rangka atap baja ringan sudah terpasang dengan benar dan sudah dilakukan kontrol pemasangan sehingga struktur bekerja dengan benar sesuai dengan perencanaan sebelumnya, berikut ini urutan pemasangan baja ringan.

  1. Pencarian dan pembuatan data-data yang akan digunakan sebagai bahan perencanaan struktur baja ringan seperti tabel profil baja ringan yang berisi bentuk dan berat baja ringan per m, pembuatan data geometri struktur seperti rencana bentuk bangunan dan ukuranya.
  2. Perencanaan struktur rangka atap yang menghasilkan bentuk dan ukuran baja yang kuat untuk digunakan sebagai dudukan finishing penutup atap.
  3. Pembuatan gambar rangka atap baja ringan disertai dengan posisi sambungan dan keterangan penggunaan bahan pada setiap bagian rangka atap.
  4.  Langkah berikutnya yaitu paabrikasi dengan cara membuat potongan masing-masing bagian rangka atap sesuai dengan gambar yang sudah dibuat sebelumnya, pabrikasi dapat dilakukan di pabrik produsen penjual baja ringan atau bisa juga dibuat dilokasi proyek pembangunan.
  5. Setelah struktur rangka atap baja ringan dibuat dengan bentuk sesuai dengan perencanaan maka langkah selanjutnya adalah pekerjaan pengukuran untuk menentukan titik-titik lokasi pemasangan sesuai dengan gambar rangka atap baja ringan.
  6. Sampai disini pemasangan sudah dapat dilakukan dimulai dari bagian struktur utama seperti kuda-kuda kemudian dilanjutkan dengan struktur penguat.
  7. Pemasangan sambungan harus benar dan selalu dikontrol apakah sudah baik untuk menghindari keruntuhan atap.
  8. Pemasangan penutup atap dapat dilakukan setelah seluruh bagian atap struktur rangka atap baja ringan terpasang penuh dan sudah dikontrol kebenaran pemasanganya.
  9. Cara pemasangan rangka atap baja ringan sedah selesai dan ditutup dengan pemasangan atap.

Demikan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memasang baja ringan, berbagai inovasi dan kratifitas dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil pemasangan baja ringan terbaik serta awet tahan lama :-)

  1. harga rangka atap baja ringan 2012
  2. Tips Desain Atap Rumah
  3. menghitung kebutuhan atap genteng
  4. perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan
  5. Pilihan gambar model atap rumah
  6. Standar kemiringan sudut atap rumah tinggal
  7. kelebihan rangka atap baja ringan
  8. Menghitung kebutuhan dan harga genteng per m2
  9. Atap Rumah Minimalis

4 Komentar

Komentari

*
*

Current ye@r *