Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Cara mengatasi kemacetan di Jakarta

Pernah mendengar berita tentang jalan di Jakarta macet total atau sering mengalami secara langsung karena kebetulan tinggal di Jakarta. Ada yang bilang kemacetan menunjukan pertumbuhan ekonomi tinggi karena banyak masyarakat yang mampu membeli kendaraan baru padahal pembangunan infrastruktur belum mendukung jumlah kendaraan yang ada. Sebenarnya bagaimana cara terbaik mengatasi kemacetan di Jakarta. Seringkali janji calon gubernur dikaitkan dengan hal ini, berbagai macam solusi diutarakan dan dicoba untuk diwujudkan ketika sudah resmi menjadi pejabat dijakarta. Namun masih banyak juga masyarakat yang merasa kecewa karena hasilnya belum terlihat memuaskan. Disini akan kita coba buat daftar hal-hal yang mungkin dilakukan untuk mengurai macet di ibo kota.

 

Cara mengatasi kemacetan di jakarta

  1. Membuat sistem transportasi air pada sungai banjir kanal barat (BKB) dan banjir kanal timur (BKT)
  2. Membuat sistem transportasi bawah tanah berupa terowongan untuk jalur kereta api atau bus.
  3. Mengoptimalkan angkutan trans Jakarta dengan jalur khusus bus way.
  4. Pembangunan area bisnis didaerah sekitar Jakarta seperti bekasi,bogor,depok dan tangerang sehingga arus tranportasi bisa menyebar ke berbagai arah.
  5. Membuat jalan laying khusus untuk lalu lintas kereta api cepat.
  6. Pembatasan kendaraan yang melintas dijalan raya, misalnya peraturan jalur three ini one, system plat nomor ganjil genap, atau bahkan hanya memperbolehkan kendaraan warna tertentu saja pada masing-masing hari.
  7. Pembuatan peraturan jadwal masuk kerja yang berbeda-beda pada setiap instansi,sekolah maupun perusahaan sehingga kepadatan lalu lintas tidak memuncak pada jam tertentu.
  8. Pemberian contoh teladan baik dari para pejabat di Jakarta, misalnya dengan berangkat kerja naik sepeda ontel atau jalan kaki.
  9. Pengurangan kendaraan pasukan pengawal pejabat saat lewat dijalan raya, karena seringkali arus lalu lintas dihentikan hanya karena pejabat sedang lewat, akibatnya kemacetan total terjadi begitu panjang.
  10. Menaikan biaya parkir mobil sehingga masyarakat menjadi berpikir ulang untuk membawa kendaraan pribadi dan lebih memilih angkutan umum.
  11. Pembatasan jumlah kepemilikan kendaraan pada satu keluarga, atau boleh memiliki mobil apabila benar-benar membutuhkan, bukan hanya sekedar gengsi atau ingin dianggap wah.
  12. Pembangunan jalan tol baru untuk mengimbangi penambahan jumlah kendaraan yang terus meningkat tajam.
  13. Menggunakan sistem tranportasi udara, seperti helikopter dalam kota atau pesawat jarak dekat.
  14. Penggalian teknologi teleportasi yaitu cara pindah tempat dalam waktu sekejap.
  15. Pembangunan manusia Jakarta yang sopan santun dan ramah lingkungan sehingga kenyamanan hidup dapat tercapai.
  16. Pembangunan rumah susun atau apartemen disekitar lokasi bisnis agar ketika berangkat atau pulang kerja tidak menambah kepadatan lalu lintas.
  17. Mengoptimalkan rambu-rambu lalu lintas dan kinerja polisi yang melayani masyarakat sehingga tercipta kelancaran di jalan raya.
  18. Perubahan tata kota Jakarta dari yang sebelumnya terkesan hanya mengikuti perkembangan aktifitas masyarakat menjadi kota yang benar-benar terencana dengan bagus.
  19. Pemindahan ibu kota Negara Indonesia ke wilayah lain seperti Kalimantan,papua,Sumatra atau Sulawesi. Dengan begini maka akan tercipta perkembangan pesat di ibu kota baru, sedangkan Jakarta bisa fokus sebagai kota bisnis.

 

Begitu banyak cara mengatasi kemacetan Jakarta yang mungkin bisa dilakukan, namun pelaksanaanya tentu saja tidak mudah karena seringkali ada benturan kepentingan. Semua itu bisa terwujud dengan mudah apabila seluruh masyarakat dan pejabat pemerintah sadar akan tugasnya sebagai manusia yaitu untuk ibadah mengelola dunia dengan baik seperti membangun kota Jakarta yang masyarakatnya baik karena dengan Tuhan, nyaman,lancar dan aman :-)

  1. Macam-macam cara demo untuk protes jalan rusak
  2. Kecelakaan lalu lintas di jalur bus way
  • anang

    Myltibdimensi mas masalahnya….itu dari sisi fisik infra saja….kurang bsa di terapkan…saya sdh survey dgn berbagai moda…