Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Cara membuat desain rumah minimalis

Cara membuat desain rumah minimalis dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini yang bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan arsitek, membuat desain rumah sendiri disini tentu hanya sebatas penentuan bentuk dan model rumah namun untuk struktur rumah sebaiknya berkonsultasi dengan seseorang ahli teknik sipil yang mengerti tentang struktur bangunan sehingga didapatkan sebuah rumah yang kuat sekaligus indah.

 

Proses pembuatan desain rumah minimalis

Urutan dalam membuat desain rumah minimalis secara umum adalah

  1. Membuat data tanah yang berisi bentuk, ukuran dan peta situasi tanah yang akan dibangun rumah minamlis.
  2. Membuat data kebutuhan ruangan yang diperlukan dan akan dituangkan kedalam denah rumah, keinginan akan jenis ruangan yang ada ini juga harus mengacu kepada ukuran tanah apabila tidak berharap untuk membangun rumah bertingkat minimalis agar setiap ruangan bisa mendapatkan tempat yang layak pada denah.
  3. Pembuatan desain rumah minimalis dapat dimulai dari denah rumah atau tampak rumah tergantung mana yang lebih mudah, coretan dan arsiran diperlukan disini untuk menuangkan ide-ide serta gagasan desain terbaik, gambar rumah dapat dibuat secara manual maupun dengan bantuan software komputer seperti Autocad, 3D Maz, Sketch Up dan macam-macam pilihan software arsitektur lainya.
  4. Setelah gambar sketsa terbuat maka dapat dilakukan proses selanjutnya yaitu membuat gambar pelaksanaan disertai ukuran dan detail struktur bangunan.
  5. Proses desain dilanjutkan dengan pembuatan spesifikasi penggunaan material atau rencana kerja dan syarat-syarat lalu melakukan perhitungan rencana anggaran biaya rumah minimalis.
  6. Sampai disini pembuatan desain rumah minimalis sudah selesai sehingga dihasilkan produk berupa gambar kerja, rencana kerjadan syarat-syarat ( RKS ), rencana anggaran biaya bangunan ( RAB ) dan dokumen lain yang diperlukan untuk mengadakan kontrak kerja konstruksi dengan kontraktor apabila pembangunan dipercayakan kepada pemborong.

 

Ciri – ciri desain rumah minimalis

Agar desain yang kita buat bisa dikategorikan model minimalis maka perlu menyesuaikan dengan berbagai ciri-ciri yang ada serta konsep desain apakah mau dibuat sederhana, mewah atau modern. berikut ini beberapa khas rumah minimalis

  • Bentuk yang simple dan bersih.
  • Adanya garis-garis pada bidang dinding.
  • Model jendela berupa kaca polos tanpa penyekat ditengah.
  • Ornamen dinding terkesan lebih menonjol dibanding atap.
  • Untuk jenis rumah minimalis modern dapat menggunakan dinding alumunium sehingga terkesan mengikuti perkembangan zaman.
  • Penggunaan batu alam yang mempunyai ciri khas teksture minimalis.
  • Hindari penggunaan bentuk-bentuk yang terkesan berlebihan sehingga merusak konsep desain rumah minimalis yang diharapkan.
  • Sesuaikan bentuk rumah dengan keinginan pribadi atau keluarga karena pada dasarnya setiap pribadi itu unik dan mempunyai kriteria masing-masing dalam menilai keindahan sebuah rumah.

 

Berbagai inovasi dan kreatifitas dapat dilakukan sebagai upaya mempraktekan cara membuat desain rumah minimalis sehingga bisa didapatkan sebuah bangunan yang indah dan yang terpenting adalah sesuai dengan harapan keluarga ;-)

  1. Arti skala 1 : 100 pada gambar desain bangunan
  2. Cara Mudah Membuat Desain Rumah
  3. Membuat desain rumah dengan ide bebas
  4. Manfaat Jasa Desain Rumah
  5. Tips Mendesain Ruang Tamu Berukuran Mungil
  6. Cerdas Memilih Jasa Arsitek
  7. Menghemat Ruang pada Denah Rumah Minimalis
  8. Keuntungan Memakai Jasa Desain Rumah Online
  9. Cara cari rumah desain bagus
  10. Perbandingan arah hadap rumah timur selatan barat utara
  11. Cara membuat desain rumah online
  12. Tips Membuat Design Rumah Sederhana
  13. Tips Mendesain Rumah Tropis Minimalis
  14. Tips Desain Rumah dengan Anggaran yang Terbatas
  15. Ciri ciri rumah sehat
  16. Tips Desain Rumah Tipe 36
  17. Desain Rumah Minimalis
  18. Tips Desain Rumah Tinggal yang Sejuk Alami
  19. Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

2 Komentar

  • hakim says:

    pak,klo membuat rumah tingkat dua tapi berjangka gmn ya?maksudnya misal tahun ini saya pasang ceker ayam atau fondasi dulu,terus tahun selanjutnya bangunan,,ini terkait dengan dana

    sebelumnya terima kasih

  • RTCBALI says:

    Pak kalo dengan tanah 100m2, bisa dibangun berapa yang paling pas ya pak ?

Komentari

*
*