Rumahbangun.com Media Berbagi Tips desain dan bangun rumah

bangun rumah Atap Rumah Minimalis

Atap rumah merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting. Fungsinya utamanya adalah sebagai penutup, yakni pelindung rumah dari panasnya terpaan sinar matahari serta guyuran air hujan. Desain atap rumah yang tepat juga akan menambah nilai estetika sebuah rumah tinggal. Ibarat bagian tubuh, atap rumah adalah mahkotanya. Kesalahan dalam menentukan bentuknya ternyata bisa berakibat fatal. Selain rumah tidak lagi terlihat menarik, efeknya juga berimbas pada ketidaknyamanan penghuni rumah. Terlebih lagi tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Anda harus siap menghadapi teriknya matahari di musim kemarau. Sebaliknya, ketika musim penghujan datang maka bersiap-siaplah menerima curah hujan yang tinggi. Bayangkan jika desain atap rumah Anda tidak mengakomodasi dua musim tersebut, pastinya Anda dan seluruh penghuni rumah menjadi tidak nyaman tinggal di dalamnya.

atap-genteng

Faktor cuaca sebaiknya menjadi prioritas utama dalam menentukan desain atap rumah. Begitu pula dengan pemilihan materialnya. Pastikan bahan yang dipakai juga sesuai dengan kondisi iklimnya. Dua aspek inilah yang kemudian diakomodasi oleh gaya atap rumah minimalis. Desainnya yang simpel namun tetap fungsional ternyata justru menghadirkan daya tarik tersendiri. Bila Anda berminat menggunakan atap rumah minimalis, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

Pertama, bentuk atap. Ada dua jenis bentuk atap yang selama ini lazim digunakan. Yakni bentuk atap miring dan bentuk atap datar. Atap miring membutuhkan konstruksi yang lebih rumit dan banyak material. Keunggulannya mampu menahan panas matahari dan cepat mengalirkan air ketika musim hujan tiba. Berbeda dengan atap datar. Bentuknya memang lebih simpel dan membutuhkan lebih sedikit material. Namun tidak bisa optimal melindungi rumah dari paparan sinar matahari. Akibatnya rumah dengan atap datar lebih panas dibandingkan dengan atap miring. Begitu pula ketika musim hujan tiba. Atap datar tidak bisa mengalirkan air secepat atap miring.

Kedua, pemilihan bahan penutup. Untuk atap rumah minimalis Anda memiliki keleluasaan untuk mengaplikasikan jenis gentengnya. Adapun untuk pemilihan warna, Anda dianjurkan menggunakan warna abu-abu tua ataupun hitam.

  1. Pilihan gambar model atap rumah
  2. Cara pemasangan rangka atap baja ringan
  3. perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan
  4. Tips Desain Atap Rumah
  5. Standar kemiringan sudut atap rumah tinggal
  6. kelebihan rangka atap baja ringan
  7. Menghitung kebutuhan dan harga genteng per m2
  8. menghitung kebutuhan atap genteng
  9. harga rangka atap baja ringan 2012

Komentari

*
*

Current ye@r *